BolaSkor.com - Beberapa pembalap papan atas Formula 1 (F1) kemungkinan besar akan mengikuti tes pramusim di Barcelona, Spanyol, 18-21 Februari dengan memakai helm tidak standar.

Pasalnya perusahaan helm yang digunakan pembalap tersebut belum lolos homoligasi dari Federasi Automobil Internasional (FIA).

Baca Juga:

Renault Launching Mobil di F1 2019, Daniel Ricciardo Bawa Energi Positif

Williams dan Toro Rosso Perkenalkan Mobil untuk F1 2019

Untuk diketahui, FIA memang merilis regulasi baru mengenai helm standar untuk pembalap F1. Dengan regulasi ini, keamanan pembalap, utamanya pada bagian kepala, akan diklaim lebih meningkat.

Empat produsen helm pembalap F1, Stilo, Bell Racing, Schuberth, dan Arai sebenarnya telah terlibat dalam riset dan pengembangan agar helm buatan mereka sesuai standar helm dari FIA nomor 8860-2018.

Masalahnya dari keempat produsen helm di atas, Arai baru lolos tes performa dari FIA, tapi belum mendapatkan homoligasi dari regulator kompetisi F1 tersebut.

Alhasil pembalap yang menggunakan helm Arai, terancam tidak bisa memakai helm sesuai standart terbaru FIA pada sesi tes pramusim di Barcelona.

Menariknya pembalap yang memakai helm Arai berstatus pembalap papan atas. Sebut saja Sebastian Vettel, Daniel Ricciardo, Max Verstappen sampai Pierre Gasly.

Baca Berita Selengkapnya soal F1 Lainnya di KabarOto.com