Pembatasan Pemain Naturalisasi Bukan Topik Menarik bagi Arema FC

Frengky AruanFrengky Aruan - Rabu, 08 Maret 2023
Pembatasan Pemain Naturalisasi Bukan Topik Menarik bagi Arema FC
Latihan Arema FC. (Media Arema FC)

BolaSkor.com - Arema FC secara langsung akan menghadapi dampak dari sejumlah kebijakan baru yang bakal diterapkan PSSI. Meski baru sebatas wacana, namun bukan tidak mungkin beberapa aturan baru disahkan untuk kompetisi Liga 1 musim depan.

Dua diantaranya adalah format kompetisi Liga 1 yang dibagi ke dalam 3 grup, begitu juga dengan penambahan jumlah pemain asing yang semula 3+1 menjadi 5+1. Namun ada satu lagi aturan baru yang mengapung seusai sarasehan sepak bola PSSI di Surabaya 4-5 Maret lalu, yaitu pembatasan pemain naturalisasi.

Topik ini tampak tidak menarik untuk dibahas oleh Arema FC, karena dinilai tidak berpengaruh besar terhadap kekuatan setiap tim yang turun di kompetisi. Dalam aturan baru nanti, setiap tim Liga 1 hanya boleh menggunakan 2 pemain naturalisasi.

Baca Juga:

Trauma Kegagalan Juara Musim 2018, PSM Makassar Enggan Takabur

Hadapi Borneo FC, Persija Coba Perbaiki Catatan Buruk di Partai Tandang


"Pemain naturalisasi tidak harus dikhawatirkan. Mereka kan WNI (Warga Negara Indonesia), sama saja. Saya juga paham, maksudnya agar tim-tim merata kekuatannya," bilang Pelatih Arema FC, I Putu Gede dalam jumpa pers virtual Selasa (7/3).

Madura United menjadi contoh tim yang kekuatannya berimbang, meski memiliki 4 pemain naturalisasi, yaitu Esteban Vizcarra (Argentina), Lee Yujun (Korea Selatan) serta Beto Goncalves dan Otavio Dutra (Brasil). Bahkan, ada pula beberapa tim yang berada di jalur juara tanpa pemain yang beralih status kewarganegaraan.

"Persija tidak ada pemain naturalisasi bisa kuat, begitu pula PSM Makassar. Jadi sebenarnya tidak perlu dikhawatirkan. Percuma membayar gaji besar (dengan status pemain naturalisasi sebagai lokal), tapi tidak ada kontribusi, ya sama saja," terang Putu.

"Yang penting adalah di pemain asing. Kalau punya kualitas, tentu ada pengaruh positif, kualitas pemain lokal juga terangkat," tambah kapten Arema Malang saat menjuarai Copa Indonesia 2005 dan 2006 silam tersebut. (Laporan Kontributor Bimaswara Dumugi/Malang)

Arema FC Liga 1
Ditulis Oleh

Frengky Aruan

Posts

15.464

Bagikan