Pembukaan IESF WEC 2022 Berlangsung Megah

Yusuf AbdillahYusuf Abdillah - Jumat, 02 Desember 2022
Pembukaan IESF WEC 2022 Berlangsung Megah
Pembukaan IESF 14th World E-Sports Championships 2022 (Garudaku/Fayon Fitrianto)

BolaSkor.com - IESF 14th World E-Sport Championships 2022 resmi dibuka, di Hotel Merusaka, Nusa Dua, Bali, Jumat (2/12). Upacara pembukaan berlangsung megah dengan suguhan atraksi kolosal.

Ratusan laki-laki berbagai usia mengenakan kain poleng hitam dan putih merangsek area dan mengelilingi Earth Stage, Indonesia E-Sport Summit & IESF 14th World E-Sport Championships 2022. Mereka kompak duduk bersila lantas mengangkat tangan sambil merapal ‘cak’ bersama-sama.

Di tengah tarian, muncul barong, lalu berlenggak-lenggak meningkahi musik dari mulut para penari kecak. Sejelang kemudian, menyusul para penari remaja, menggabungkan diri menyongsong tinggi bendera IESF, PB ESI, Bali 2022, dan tiga maskot IESF 14th World E-Sports Championships 2022. Mereka membuat pola gerakan tarian beriringan secara kolosal di bawah semburat warna-warni lampu pentas.

Pembukaan IESF 14th World E-Sports Championships 2022 (Garudaku/Fayon Fitrianto)

Pergelaran kolosal pada acara pembukaan IESF 14th World E-Sports Championships 2022 selanjutnya disambung kehadiran para atlet e-sports dari 106 negara, mulai dari Indonesia, Argentina, Bangladesh, Belgia, Bhutan, Brasil, Brunei Darussalam, Myanmar, Republik Dominika, Ekuador, hingga Prancis.

“Inilah wajah e-sports yang sesungguhnya. Cabang olahraga baru ini tidak hanya jadi pencapaian prestasi dari seluruh bangsa, tapi juga berpotensi sebagai penggerak ekonomi pasca-COVID-19. Berdasarkan data World Eonomoy Forum, e-sports mampu mengangkat perekonomian dunia. Terdapat 118 juta gamers di Indonesia. Tentunya ini menjadi tantangan bagi para pemangku kepentingan, tidak hanya pemerintah, tetapi juga dunia pendidikan,” kata Ketua Harian Pengurus Besar E-Sports Indonesia (PB ESI) Bambang Sunarwibowo dalam sambutannya.

Pembukaan IESF 14th World E-Sports Championships 2022 (Garudaku/Fayon Fitrianto)

Presiden International E-Sports Federation (IESF) Vlad Marinescu tak henti-hentinya mengapresiasi seluruh pihak yang telah berpartisipasi dalam acara akbar ini.

“Saya sangat senang melihat kita semua di sini. Saya senang karena tidak hanya menampilkan musik, budaya, dan makanan, tapi kalian di sini membuat kita bersatu. E-sports adalah dunia baru olahraga,” kata Marinescu.

Gelaran IESF 14th World E-Sports Championships 2022 mempertandingkan enam cabang gim, yakni DOTA 2, Tekken 7, E-Football, Mobile Legends: Bang Bang, Counter Strike: Global Offensive (CS:GO), dan PUBG Mobile. Terdapat empat stage nan akan menjadi saksi jalannya pertandingan, meliputi Fire Stage, Ice Stage, Air Stage, dan Earth Stage sebagai panggung utama.

Ada pula Water Stage yang menghadap ke pantai dan hanya digunakan untuk panggung festival. Para pengunjung dan peserta lainnya bisa menyaksikan jalannya pertandingan sambil berenang sembari menikmati pemandangan pantai.

Indonesia E-Sport Summit & IESF 14th World E-Sport Championships 2022 digadang-gadang menjadi ajang kompetisi e-sports satu-satunya diselenggarakan di ruang terbuka, hanya selemparan batu dari bibir pantai. (merahputih)

Iesf Esports PBESI
Ditulis Oleh

Yusuf Abdillah

Posts

6.117

Bagikan