BolaSkor.com - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali, menyampaikan pembukaan Piala Dunia U-20 2021 akan dilakukan secara sederhana. Tidak ada acara khusus, hanya kata sambutan dari FIFA dan Pemerintah Republik Indonesia (RI).

Hal itu disampaikan Zainudin Amali usai melakukan Rapat Terbatas (Ratas) tentang persiapan Piala Dunia U-20 2021 dengan Presiden RI Joko Widodo, Selasa (20/10). Rapat juga dihadiri Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Muhadjir Effendy, dan Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan.

"Pembukaan Piala Dunia U-20 tentu berbeda dengan penyelenggaraan Asian Games. Dari FIFA pembukaan dimaknai dengan pertandingan hari pertama. Maka untuk memulai kita diberikan alokasi terbatas, paling space-nya dari pemerintah dan FIFA saja. Sekitar 8 menit karena memang pembiasaan untuk Piala Dunia U-20, pertandingan itulah pembukaan," kata Zainudin Amali.

Baca Juga:

Ketum PSSI Memohon kepada Presiden Jokowi agar Kompetisi Berjalan Kembali demi Piala Dunia U-20

Presiden Jokowi Minta Indonesia Aman dari COVID-19 demi Piala Dunia U-20 2021

Awalnya, Zainudin Amali yang juga menjadi Ketua Panitia Penyelenggara Piala Dunia U-20 2021 (INAFOC), telah menyiapkan upacara pembukaan Piala Dunia U-20 tiga jam sebelum pertandingan pertama.

"Tadinya kami berharap, saya menyampaikan, kalau pertandingan mulai jam 7 malam, kita mulai pukul 4 sore. Tapi dikhawatirkan rumput (tidak bisa dipakai), walau pakai alas dan sebagainya, tetap belum bisa diizinkan," ujarnya.

"Akhirnya Presiden (Joko Widodo) memutuskan kita ikut apa yang diarahkan FIFA sehingga pemerintah, Presiden dari Ratas, jadi isinya membuka secara kata sambutan saja, tak ada atraksi apapun," tambahnya.

Piala Dunia U-20 2021 berlangsung Mei tahun depan. Ada enam stadion yang menjadi venue pertandingan, yakni yakni Stadion Utama Gelora Bung Karno (Jakarta), Stadion Gelora Sriwijaya (Palembang), Stadion Si Jalak Harupat (Bandung), Stadion Manahan (Solo), Stadion Gelora Bung Tomo (Surabaya), dan Stadion I Wayan Dipta (Bali).