BolaSkor.com - Pelatih Timnas Singapura, Fandi Ahmad, telah mengumumkan 23 pemain untuk menghadapi Piala AFF 2018. Dari jumlah tersebut, terselip beberapa nama sosok senior, termasuk Shahril Ishak.

Ishak, 34 tahun, bakal jadi andalan Fandi di lini depan Singapura menghadapi Timnas Indonesia pada partai pertama Grup B Piala AFF 2018 di Stadion Nasional, Sabtu (9/11). Meski begitu, ia harus bersaing dengan deretan bomber yang lebih muda darinya seperti Faris Ramli, Ikhsan Fandi, dan Iqbal Hussain.

Beruntung bagi Singapura, Ishak tidak asing lagi dengan sepak bola Indonesia. Pada Mei lalu, Ishak berhasil mengantarkan timnya, Home United, mengalahkan Persija Jakarta pada babak semifinal Zona ASEAN Piala AFC 2018 dengan agregat 6-3. Mantan pemain Persib Bandung itu turut bersumbangsih dua gol untuk timnya.

Hanya saja, penampilan Ishak tengah menurun. Dalam sembilan partai terakhir bersama Home United, Ishak cuma mampu menyarangkan dua gol. Ishak juga tak mampu merebut posisi utama di skuat Singapura pada empat laga teraktual.

Sebagai pemain senior, tentu tugas Ishak bukan hanya untuk mengoleksi statistik semata. Pengalamannya pun dibutuhkan untuk berbagi ilmu dengan pemain muda. Dalam lemarinya, terdapat tiga gelar Piala AFF bersama Singapura.

Ishak berhasil mengantar Singapura menjuarai tiga dari empat Piala AFF, pada 2004, 2007, dan 2012. Ia pun ada di nomor dua daftar pemain pengoleksi laga paling banyak bersama Singapura, yaitu 139 penampilan.

Di musim ini, penampilan Ishak cukup memikat. Dia membawa Home United bercokol di peringkat kedua klasemen akhir Liga Singapura. Ishak menorehkan 23 pertandingan dan membukukan 13 gol.

Selain itu, kontribusi Ishak juga berhasil membuat Home United menjadi satu-satunya tim Asia Tenggara di babak semifinal Inter Zona Piala AFC 2018. Namun sayang, di fase itu, Home United kalah telak secara agregat 1-11 dari wakil Korea Utara, April 25.