BolaSkor.com - Megabintang Juventus, Cristiano Ronaldo, kembali unggul dari sang rival, Lionel Messi, dalam penghargaan Ballon d'Or. Penyerang tim nasional Portugal itu menjadi pemain yang paling banyak terpilih sebagai nomine.

France Football baru-baru ini merilis daftar 30 nomine peraih Ballon d'Or 2019. Penghargaan tersebut menjadi yang paling bergengsi di antara acara serupa. Bahkan, France Football telah melangsungkan Ballon d'Or sejak 1956.

Pemenanang Ballon d'Or dipilih oleh 173 jurnalis dari seluruh dunia dengan satu perwakilan per negara. Sementara itu, daftar nomine disusun oleh redaksi France Football.

Daftar 30 nama pesepak bola yang punya kans memenangi Ballon d'Or edisi kali ini adalah sebagai berikut:

Sergio Aguero, Alisson Becker, Gareth Bale, Karim Benzema, Edinson Cavani, Thibaut Courtois, Cristiano Ronaldo, Kevin De Bruyne, Roberto Firmino, Diego Godin, Antoine Griezmann, Eden Hazard, Isco, Harry Kane , N'Golo Kante, Hugo Lloris, Mario Mandzukic, Sadio Mane, Marcelo, Kylian Mbappe, Lionel Messi, Luka Modric, Neymar, Jan
Oblak, Paul Pogba, Ivan Rakitic, Sergio Ramos, Mohamed Salah, Luis Suarez, dan Raphael Varane.

Saat France Football merilis daftar itu, Ronaldo menjadi satu-satunya pemain yang pernah dinominasikan untuk mendapatkan Ballon d'Or sebanyak 15 kali. Sementara itu, pilar Barcelona, Lionel Messi, berada pada posisi kedua dengan 13 kali menjadi nomine.

Kendati Ronaldo lebih unggul dalam hal jumlah menjadi nomine, namun kedua bintang tersebut punya torehan yang sama soal prestasi. Messi dan Ronaldo sama-sama mengoleksi lima gelar Ballon d'Or.

Pemenang penghargaan akan diumumkan pada 3 Desember di Paris. Rumor yang berkembang menyebutkan Luka Modric akan menghentikan hegemoni Ronaldo dan Messi.