BolaSkor.com - Golden Boy adalah satu di antara penghargaan individu paling bergengsi. Penghargaan tersebut diberikan kepada pemain terbaik di bawah usia 21 tahun.

Golden Boy digagas oleh media asal Italia, Tuttosport, pada 2003. Sistem penilaian yang digunakan berupa pengumpulan suara yang dilakukan oleh jurnalis dari media-media ternama Eropa.

Lionel Messi, Wayne Rooney, dan Sergio Aguero adalah sederet pemain-pemain yang pernah merasakan penghargaan Golden Boy. Karier mereka pun menanjak setelah mendapatkan penghargaan tersebut.

BolaSkor.com akan merangkum enam pemain yang memenangi Golden Boy pada 2010 hingga 2015. Selain itu, akan ada kabar mengenai nasib mereka saat ini. Berikut penjabarannya:

Mario Balotelli (2010)

Mario Balotelli

Mario Balotelli meraih penghargaan Golden Boy 2010 atas apa yang dilakukannya di Inter Milan dan Manchester City. Pada saat itu, Balotelli digadang-gadang sebagai calon bintang di masa depan.

Balotelli membawa Inter Milan meraih gelar Liga Champions, Serie A, dan Coppa Italia dalam satu musim. Sang striker mengemas 11 gol plus sembilan assist dalam 40 penampilan. Tidak heran, The Citizens berani mengucurkan dana 30 juta euro untuk memboyong Balotelli.

Sayangnya, sikap tak disiplin membuat performa Balotelli merosot tajam. Ia juga sering berbuat ulah di luar lapangan.

Balotelli sempat mendapatkan kesempatan bermain di AC Milan dan Liverpool. Namun, ia tidak pernah benar-benar kembali ke performa terbaik.

Saat ini, Balotelli bermain di Serie A bersama klub promosi, Brescia. Berdasarkan kabar yang beredar, ada potensi Balotelli akan segera berpisah dengan Brescia.

Mario Gotze (2011)

Mario Gotze

Mario Gotze mendapatkan julukan Lionel Messi dari Eropa atas apa yang dilakukannya di Borussia Dortmund. Dengan tubuh mungilnya, Gotze banyak melakukan aksi melewati lawan seperti halnya La Pulga.

Akan tetapi, Gotze tidak benar-benar menyentuh level Lionel Messi. Kepindahan ke Bayern Munchen pada 2013 menjadi satu di antara penyebabnya.

Pemenang Piala Dunia tersebut tidak bisa tampil maksimal karena cedera yang kerap menerpa. Pada akhirnya, Bayern memulangkan Gotze ke Dortmund pada 2016.

Sejak saat itu, Gotze masih bermain di Dortmund. Namun, kisah akan segera berakhir karena Dortmund tidak memperpanjang kontrak pemain 27 tahun tersebut.

Isco (2012)

Isco

Isco menjadi buah bibir di Spanyol usai tampil memukau bersama Malaga. Meski tidak memperkuat klub besar, namun aksinya benyak mendapatkan acungan jempol.

Pada musim 2012-2013, Isco mencetak 12 gol plus tujuh assist di berbagai ajang. Namanya kian harum setelah membawa Spanyol U-21 memenangi Piala Eropa U-21.

Real Madrid pun melakukan pendekatan kepada Malaga untuk merekrut Isco. Pada akhirnya, dengan uang 30 juta euro, sang pemain mendarat di Santiago Bernabeu.

Saat ini, Isco masih menjadi bagian Los Galacticos. Namun, ia tidak mendapatkan posisi inti di lini tengah El Real. Isco sulit menggeser peran gelandang lainnya seperti Toni Kroos, Luka Modric, dan Casemiro.