Pemenang Penghargaan Piala Dunia 2022, dari Sepatu Emas hingga Pemain Terbaik

Arief HadiArief Hadi - Senin, 19 Desember 2022
Pemenang Penghargaan Piala Dunia 2022, dari Sepatu Emas hingga Pemain Terbaik
Para pemenang penghargaan di Piala Dunia 2022 (Twitter)

BolaSkor.com - Kurang lebih sebulan perhelatan akbar Piala Dunia 2022 berlangsung di Qatar dan telah berakhir. Drama pertandingan berlangsung seru di final yang dihelat di Lusail Stadium, Minggu (18/12) malam WIB, antara Argentina melawan Prancis.

Laga berjalan seru dengan hasil akhir 3-3 di waktu normal. Argentina sempat unggul 2-0 dan 3-1 melalui dua gol Lionel Messi (23' penalti dan 108') dan Angel Di Maria (36'), tetapi Prancis punya Kylian Mbappe yang menorehkan hat-trick gol (80' penalti, 81', 118' penalti).

Argentina dominan dengan penguasaan bola 55 persen dengan catatan 20 tendangan (10 tepat sasaran Argentina), kemudian Prancis punya 10 tendangan (5 tepat sasaran Prancis). Pertandingan pun berlanjut ke drama adu penalti.

Baca Juga:

Prancis 3-3 Argentina (2-4 Pen): Akhir Penantian 36 Tahun Trofi Piala Dunia Albiceleste

Bintang Laga Prancis Vs Argentina: Kylian Mbappe, Ukir Rekor dalam Sejarah 92 Tahun Piala Dunia

Tampil Bagus di Piala Dunia 2022, 8 Pemain Berpeluang Ganti Klub pada 2023

Dua eksekutor penalti Prancis, Kingsley Coman dan Aurelien Tchouameni, gagal mencetak gol sementara empat penendang penalti Argentina menjalankan tugasnya dengan baik. Argentina menang 4-2 di drama adu penalti.

Albiceleste memenangi trofi Piala Dunia untuk kali pertama sejak 1986 dan trofi ketiga dalam sejarah Argentina. Lionel Messi kini telah sejajar dengan Mario Kempes dan Diego Maradona dalam melengkapi kariernya sebagai pemain.

Pemenang Penghargaan

Prancis urung mempertahankan titel Piala Dunia tetapi penyerang mereka, Kylian Mbappe, memenangi penghargaan Sepatu Emas atau top skorer Piala Dunia 2022 dengan torehan delapan gol (dua assists), diikuti oleh Messi (Sepatu Perak dengan tujuh gol), dan Olivier Giroud (Sepatu Perunggu dengan empat gol).

Kemudian penghargaan Bola Emas atau pemain terbaik turnamen dimenangi oleh Lionel Messi. Ada juga Kylian Mbappe (Bola Perak) dan Luka Modric (Bola Perunggu). Lalu untuk peraih Sarung Tangan Emas atau penghargaan kiper terbaik dimenangi Emiliano Martinez.

Argentina menahbiskan posisi sebagai tim terbaik dengan penghargaan lain yang diterima Enzo Fernandez. Pemain berusia 21 tahun jadi Pemain Terbaik Muda Piala Dunia 2022. Inggris juga mendapatkan penghargaan kendati tak memenangi trofi, yakni tim paling Fair Play di Piala Dunia 2022.

Berikut penerima penghargaan lengkap di Piala Dunia 2022:

FIFA Fair Play: Timnas Inggris
Pemain Muda Terbaik: Enzo Fernandez (Argentina)
Sarung Tangan Emas (Kiper Terbaik): Emiliano Martinez (Argentina)
Sepatu Emas (Top Skorer): Kylian Mbappe (Prancis, 8 gol)
Bola Emas (Pemain Terbaik): Lionel Messi (Argentina)

Piala dunia 2022 Piala Dunia 2022 Qatar Argentina Timnas Argentina Prancis Timnas Prancis
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.174

Bagikan