Pemerintah Belanda Terapkan Larangan Sepak Bola, Eredivisie Praktis Berakhir?

Arief HadiArief Hadi - Rabu, 22 April 2020
Pemerintah Belanda Terapkan Larangan Sepak Bola, Eredivisie Praktis Berakhir?
Eredivisie (Twitter)

BolaSkor.com - Pemerintah Belanda melalui Perdana Menteri, Mark Rutte memutuskan untuk melarang olahraga dan sepak bola profesional hingga 1 September 2020 karena virus corona. Itu secara tidak langsung mengartikan akhir Eredivisie 2019-20.

Eredivisie sudah berhenti bergulir sejak awal Maret dengan menyisakan sembilan laga terakhir. Ajax Amsterdam ada di puncak klasemen dengan raihan 56 poin. Perolehan poin yang sama juga diraih AZ Alkmaar yang ada di urutan dua klasemen dengan selisih gol 45 berbanding 37.

Di kala liga-liga Eropa lainnya memikirkan cara melanjutkan musim 2019-20 dan mengakhirinya, termasuk memainkan laga tanpa penonton, Eredivisie berpotensi dibatalkan karena pernyataan langsung dari Rutte.

Baca Juga:

Tolak Gajinya Dipotong di Tengah Pandemi Virus Corona, Mesut Ozil Dihujani Kritikan

Berencana Tunda Bayar Gaji, Tiga Klub Premier League Terancam Dilarang Beli Pemain

Jumlah Pesepak Bola yang Alami Gejala Depresi Meningkat

Eredivisie

"Kami tentu tidak akan dapat menangani risiko dalam beberapa bulan mendatang dan kami ingin memberikan kejelasan kepada penyelenggara. Itu berarti tidak ada Pinkpop, Zwarte Cross dan juga tidak ada sepak bola profesional yang dibayar. Itu menjengkelkan, tetapi kami harus membuat pengorbanan," tutur Rutte dikutip dari Goal.

KNVB selaku Federasi Sepak Bola Belanda menghargai keputusan pemerintah, namun mereka juga akan tetap berdiskusi kepada UEFA soal penyelesaian akhir musim 2019-20.

"Bahwa peristiwa yang membutuhkan izin tetap dilarang sampai 1 September menjadi jelas. Sampai saat itu, tidak ada sepak bola profesional yang bisa dimainkan, bahkan tanpa penonton," timpal pernyataan KNVB.

"Akibatnya, dewan sepak bola profesional bermaksud untuk tidak melanjutkan bermain liga 19-20. Berdasarkan keputusan pemerintah hari ini, KNVB akan berkonsultasi dengan UEFA, setelah itu keputusan akan dibuat. Pada hari Jumat, klub dan lainnya pihak yang terlibat akan bertemu untuk membahas konsekuensinya."

Di Belanda sampai Rabu (22/04) ditemukan 34.134 kasus virus corona dengan angka kematian 3.916 orang. Aturan itu diberlakukan sampai situasi di Negeri Kincir Angin kondusif.

Efek dari pemberhentian sepak bola itu berpotensi mengakhiri Eredivisie dengan berbagai cara, mulai dari dinobatkannya Ajax sebagai juara sekaligus juara bertahan hingga ditentukan lewat play-off di stadion netral.

Formatnya nanti juga belum jelas antara tim-tim yang bermain di Liga Champions atau degradasi, atau bahkan mengakhiri musim pada September dan tanggal itu sedianya sudah memasuki musim baru.

Breaking News Eredivisie Belanda Virus Corona
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.127

Bagikan