Pemerintah Italia Dituding Tak Tulus Dukung Kelanjutan Serie A

Taufik HidayatTaufik Hidayat - Rabu, 13 Mei 2020
Pemerintah Italia Dituding Tak Tulus Dukung Kelanjutan Serie A
Serie A (Twitter)

BolaSkor.com - Serie A menjadi salah satu kompetisi yang masih berupaya untuk melanjutkan musim 2019-2020. Namun tarik ulur dengan pemerintah Italia membuat hal itu masih menjadi tanda tanya besar.

Pemerintah Italia belum memberikan restu Serie A bergulir kembali. Padahal mereka telah mengizinkan latihan tim mulai 18 Mei mendatang.

Protokol keamanan menjadi salah satu hal yang membuat izin melanjutkan Serie A belum turun. Pemerintah dan operator kompetisi masih berbeda pendapat dalam beberapa hal.

Salah satu perdebatan adalah terkait tuntutan pemerintah untuk mengisolasi satu tim jika ada satu pemainnya saja yang terinfeksi virus corona. Hal ini tidak disetujui Serie A karena secara otomatis kompetisi dipaksa berhenti.

Baca Juga:

Tak Takut Virus Corona, Bek Lazio Minta Serie A Dilanjutkan

Klub Serie A Terancam Tak Terima Uang Hak Siar

Antisipasi Jadwal Padat di Tengah Pandemi Virus Corona, FIFA Izinkan 5 Pergantian Pemain

Permasalahan ini membuat Ketua Asosiasi Medis Sepak Bola Italia, Enrico Castellacci, bereaksi. Ia meminta pemerintah Italia dan Serie A mengikuti langkah Jerman dan Bundesliga dalam menangani resiko pemain yang terinfeksi virus corona.

Bundesliga memang memiliki protokol berbeda. Di sana hanya pemain yang terinfeksi virus corona yang diisolasi, bukan satu tim.

Castellacci pun mempertanyakan sikap pemerintah Italia terkait kelanjutan Serie A. Ia merasa negara tak benar-benar menginginkan Serie A dilanjutkan.

"Jika mereka benar-benar ingin Serie A dilanjutkan maka akan menyalin metodologi Bundesliga karena sejauh ini yang paling dapat diterima," kata Castellacci kepada TMW Radio.

"Jadi saya harus bertanya pada diri sendiri, apakah mereka benar-benar ingin membiarkan sepak bola dilanjutkan atau mereka hanya ingin berhenti tanpa mengeluarkan keputusan tersebut."

Kelanjutan Serie A memang menjadi sebuah dilema bagi Italia. Banyak pihak mendukung tapi tak sedikit juga yang menolak termasuk beberapa petinggi klub peserta.

Serie a Italia Virus Corona Breaking News
Ditulis Oleh

Taufik Hidayat

Agen rahasia yang menyamar jadi kuli tinta.
Posts

6.516

Bagikan