BolaSkor.com - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Republik Indonesia, Zainudin Amali, bicara soal peran Pemerintah Republik Indonesia (RI) dalam persiapan Piala Dunia U-20 2021. Pemerintah RI sepenuhnya berperan dalam perbaikan atau renovasi stadion-stadion untuk venue Piala Dunia U-20.

Menurutnya, Pemerintah RI siap kebut persiapan venue Piala Dunia U-20 dalam keadaan new normal di tengah pandemi Virus Corona (COVID--19). Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) akan berkerja sama dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemenpupr) dan Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia (Kemenko PMK).

"Kita tidak terlalu sulit (menyiapkan venue), karena kita banyak yang akan ikut (dukung). Pemerintah secara penuh akan turun tangan untuk itu. Turun tangan untuk penyelenggaraannya (Kemenpora). Untuk renovasi dan perbaikan beberapa venue baik yang major maupun minor, itu akan dilakukan oleh Kementerian PUPR. Semua akan kita koordinasikan, dikordianasikan oleh Kemenko PMK," kata Zainudin Amali.

"Pasti (pakai protokol kesehatan). Kita akan lakukan itu karena kita tidak mungkin dalam keadaaan normal. Ini namanya judulnya new normal," tambahnya.

Baca Juga:

Timnas Malaysia U-19 Pede Tembus Piala Dunia U-20 di Indonesia

Ketum PSSI Lapor Persiapan Piala Dunia U-20 ke Menpora, Pemerintah Tekankan Hal Ini

PSSI sudah mengajukan 10 stadion plus satu tambahan untuk calon venue Piala Dunia U-20. Saat ini, FIFA dan PSSI baru sepakat menggunakan 6 stadion untuk venue Piala Dunia U-20.

Namun, FIFA belum menunjuk 6 stadion tersebut. Meski begitu dalam suratnya, FIFA prioritas enam stadion sesuai proposal Piala Dunia U-20, yakni Stadion Utama Gelora Bung Karno, Stadion Pakansari, Stadion Mandala Krida, Stadion Manahan, Stadion Kapten I Wayan Dipta, dan Stadion Gelora Bung Tomo.

Persiapan Piala Dunia U-20 dalam ruang lingkup renovasi stadion masih terkendala pandemi Virus Corona. Namun, persiapan Timnas Inonesia U-19/U-20 untuk Piala Dunia U-20 tetap berlangsung secara virtual. Piala Dunia U-20 2021 dijadwalkan berlangsung di Indonesia pada 20 Mei sampai 11 Juni 2021.