Pemkot Surabaya Pastikan Venue Piala Dunia U-20 Terawat hingga 2023

Frengky AruanFrengky Aruan - Minggu, 27 Desember 2020
Pemkot Surabaya Pastikan Venue Piala Dunia U-20 Terawat hingga 2023
Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) setelah direnovasi. (BolaSkor.com/Kurniawan)

BolaSkor.com - Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya sudah berjibaku berkejaran dengan waktu untuk bisa menyelesaikan venue perhelatan Piala Dunia U-20 2021. Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) dipercantik serta membangun tiga lapangan latihan baru sebagai pendukung venue utama.

Namun, FIFA memutuskan membatalkan gelaran Piala Dunia U-20 2021 di Indonesia. Pandemi COVID-19 membuat FIFA menunda pelaksanaan Piala Dunia U-20 di Indonesia pada 2021 menjadi 2023.

Kendati demikian, penundaan tersebut tidak mengganggu persiapan Pemkot Surabaya yang tengah merenovasi terhadap GBT yang menjadi salah venue Piala Dunia U-20. Termasuk membangun venue pendamping, yakni tiga lapangan latihan di komplek GBT serta rehabilitasi Stadion Gelora 10 Nopember (G10N) dan lapangan Thor.

Baca Juga:

Kiper Persib Bicara Peluang Tampil di Piala Dunia U-20 pada 2023

Curhat Kekecewaan Shin Tae-yong soal Mundurnya Piala Dunia U-20

Pemkot Surabaya malah telah mengubah tribun GBT serta G10N menjadi lebih bagus dan aman. Apalagi penataan lampu juga tak lepas dari perubahan besar yang dilakukan di GBT untuk bisa memenuhi standart yang telah ditetapkan FIFA.

Termasuk juga menambah jalan akses ke arah GBT. Bahkan, beberapa waktu lalu, Kepala Bidang Sarana dan Prasarana Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Surabaya Edi Santoso mengklaim jika proses renovasi seluruh venue akan kelar pada April 2021 mendatang.

"Memang dalam rilis FIFA benar kalau turnamen akan ditunda. Tapi sampai sekarang kami belum menerima surat resmi. Mungkin nanti PSSI yang akan menerima, kemudian diteruskan di daerah-daerah. Kami sih menghormati keputusan FIFA. Tidak ada masalah. Itu kan keputusan organisasi. Toh mereka juga mengapresiasi kami yang sudah serius membangun sarana untuk Piala Dunia U-20," ujar Edi.

Dengan penantian selama dua tahun, bagaimana perawatan dan penggunaan GBT? Edi menegaskan jika pemkot telah memiliki sumber daya manusia yang mumpuni.

"Tidak ada masalah. Kami punya pegawai yang cukup untuk merawat stadion. Perawatan akan konsisten sampai 2023. Kalau untuk penggunaan stadion, kewenangan bukan pada kami. Tapi pada PSSI. Apakah boleh stadion Piala Dunia dipakai untuk acara lain?" pungkasnya. (Laporan Kontributor Kurniawan/Surabaya)

Timnas indonesia u-20 Piala dunia u-20 Timnas Indonesia U-19 Stadion Gelora Bung Tomo Breaking News
Ditulis Oleh

Frengky Aruan

Posts

15.464

Bagikan