Penalti Jadi Masalah yang Dikhawatirkan Pep Guardiola

Arief HadiArief Hadi - Rabu, 26 Oktober 2022
Penalti Jadi Masalah yang Dikhawatirkan Pep Guardiola
Penalti Riyad Mahrez (Twitter)

BolaSkor.com - Manchester City menjelma jadi tim yang disegani di Eropa berkat racikan pelatih asal Spanyol, Pep Guardiola. Dalam enam tahun terakhir The Citizens mendominasi Inggris dengan permainan sepak bola yang menghibur.

Sistem bermain nyata sudah ada di Man City dan mereka bisa mencetak gol dari mana saja, apalagi musim ini mereka punya Erling Haaland yang jadi pelengkap puzzle dalam permainan ofensif Man City. Singkat kata, Man City tak kehabisan ide mencetak gol.

Akan tapi selalu ada isu yang mencemaskan Pep Guardiola. Detail 'kecil' tak pernah lepas dari perhatiannya dan kali ini mengenai penalti di Liga Champions. Momen itu terjadi saat melawan Borrusia Dortmund di laga kelima grup G.

Man City sudah lolos ke-16 besar Liga Champions tapi Guardiola tetap kecewa laga di Signal Iduna Park, Rabu (26/10) dini hari WIB, berakhir imbang tanpa gol. Man City sedianya dapat mencetak gol dari penalti Riyad Mahrez.

Baca Juga:

Hasil Pertandingan Liga Champions: Milan dan Juventus Beda Nasib, Madrid Tumbang

Kutukan Pemenang Ballon d'Or dan Potensi Kegagalan Karim Benzema di Piala Dunia 2022

Tak Main di Piala Dunia 2022, Erling Haaland Liburan ke Spanyol

Alih-alih mencetak gol sepakan Mahrez justru ditepis oleh kiper Dortmund, Gregor Kobel. Hal itu jadi kekhawatiran Guardiola karena penalti bisa jadi momen yang mengagalkan timnya untuk memenangi Liga Champions.

"Sejak saya berada di sini, kami telah gagal dalam 25 penalti, sebagian besar di Liga Champions,” kata Guardiola sebagaimana dilansir dari Goal.

"Terlalu banyak. Anda harus selalu mengagumi keberaniannya, tetapi melewatkan begitu banyak penalti adalah masalah. Kami harus berkembang. Itu tergantung pada margin yang bagus dalam kompetisi ini dan situasi ini dapat membuat perbedaan."

Bahkan Guardiola mengambil tindakan dengan memarkir Mahrez dari tugas eksekutor penalti. "Riyad luar biasa dua atau tiga tahun lalu, dia menembak penalti untuk menyamakan kedudukan 1-1 di sini untuk membantu kami mencapai semifinal untuk pertama kalinya. Akhir-akhir ini dia gagal. Dia akan intropeksi. Dia bisa istirahat sekarang dengan penalti."

Mahrez sudah gagal mencetak 10 dari 32 penalti dalam kariernya, termasuk tiga penalti dari empat penalti terakhir dengan Man City. Alternatif lainnya adalah Haaland atau Ilkay Gundogan, yang mencetak 15 dari 17 penalti.

Riyad Mahrez Manchester City Liga Champions Pep Guardiola
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.024

Bagikan