Penangkapan Bartomeu dan Skandal Barcagate Rusak Citra Barcelona

Arief HadiArief Hadi - Rabu, 03 Maret 2021
Penangkapan Bartomeu dan Skandal Barcagate Rusak Citra Barcelona
Camp Nou, markas Barcelona (Twitter)

BolaSkor.com - Sepak bola Spanyol geger ketika polisi Catalunya mendatangi Camp Nou dan menangkap eks Presiden Barcelona, Josep Maria Bartomeu pada Senin (01/03) waktu setempat. Penangkapan itu merupakan lanjutan penyelidikan Barcagate.

Bartomeu ditangkap bersama dengan CEO Barca Oscar Grau, Roman Gomez Ponti Kepala Hukum Barca, dan Jaume Masferrer yang pernah menjadi penasihat Bartomeu serta nama lainnya.

Skandal Barcagate sudah dibicarakan sejak 2020 dengan isu adanya kerja sama Barcelona dengan perusahaan bernama I3 Ventures. Bartomeu dan rezimnya dikabarkan membayar mahal I3 Ventures agar membuat citra bagus mengenai mereka, menjatuhkan citra oposisi.

Baca Juga:

Tiga Capres Barcelona Angkat Bicara Terkait Penangkapan Josep Maria Bartomeu

Linimasa Skandal Barcagate di Balik Penangkapan Josep Maria Bartomeu

Skandal Barcelona: Mereka yang Terciduk Polisi dan Perannya dalam Barcagate

Polisi ketika mendatangi Camp Nou

Media sosial digunakan sebagai platform untuk menjatuhkan mereka yang menentang Bartomeu seperti Lionel Messi dan istri, Gerard Pique, Pep Guardiola, Xavi Hernandez, dan mantan Presiden Barcelona Joan Laporta.

Pelatih Barcelona Ronald Koeman mengomentarinya. Ia mengakui penangkapan terkait skandal Barcagate itu merusak citra Barcelona, tapi Koeman juga menegaskan fokusnya saat ini adalah sepak bola.

"Itu tidak bagus untuk citra klub. Kami harus menunggu dan melihat apa yang terjadi. Saya tidak ada di sini saat itu (Barcagate terjadi), saya tidak tahu. Kami tidak bisa berbuat apa-apa, kami hanya harus fokus pada sepak bola," ucap Koeman dilansir dari Sport-English.

Kendati demikian Koeman cukup mengenal Bartomeu yang memboyongnya ke Barcelona setelah sebelumnya melatih timnas Belanda.

"Ketika berita itu keluar, saya sangat terpukul (mengenai Bartomeu) karena saya mengenalnya dengan baik - dan juga Oscar Grau, yang termasuk di antara empat orang yang ditahan," imbuh Koeman.

"Saya merasa kasihan pada mereka, karena saya memiliki momen besar bersama mereka, meski waktu kami bersama singkat. Bagi saya, Bartomeu selalu menjadi orang yang luar biasa."

Breaking News Barcelona FC Barcelona Ronald Koeman
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.162

Bagikan