Penasaran dengan Roti Khas Jerman, Wajib Kunjungi Bisnis Kim Jeffrey Kurniawan

Tengku SufiyantoTengku Sufiyanto - Selasa, 17 November 2020
Penasaran dengan Roti Khas Jerman, Wajib Kunjungi Bisnis Kim Jeffrey Kurniawan
Kim Jeffrey Kurniawan dengan bisnis roti khas Jerman. (BolaSkor.com/Gigi Gaga)

BolaSkor.com - Gelandang Persib Bandung, Kim Jeffrey Kurniawan memperluas bisnisnya. Setidaknya tiga usaha langsung dijalankan.

Sebelumnya, clothing dan barbershop, kini pemilik nomor punggung 23 ini membuka usaha roti khas Jerman, masakan khas Manado, dan jamu tradisional. Secara keseluruhan bisnisnya bertempat di Sultown, Sulanjana, Kota Bandung.

Kim Jeffrey Kurniawan mengatakan untuk usaha roti khas Jerman terjadi karena ibu tercintanya kerap membuat kue, roti dan lainnya. Sehingga dia memberanikan diri untuk menjual dan memperkenalkannya kepada masyarakat Indonesia khususnya Bandung.

"Tahun depan orang tua mau pensiun dan mengajak kita usaha dan lainnya. Kebetulan saya dapat kesempatan untuk ambil alih di sini dan ternyata lebih cepat daripada yang diperkirakan," ungkap Kim.

Roti itu sendiri kata Kim, memiliki 30 varian lebih. Seperti halnya cinnamon roll, witzel, butter dan lainnya.

"Kita juga ikut pasarannya juga. Jadi gak cuma roti luar negeri, kita ikuti lidah di sini," tuturnya.

Baca Juga:

Zulham Zamrun Punya Rencana Manis untuk Ronaldo

Pesan Febri Hariyadi ke Empat Pemain Persib di Timnas U-19: Contoh Ronaldo-Messi

Kim mengaku sedikit lega lantaran bahan dasar untuk membuat roti ini tidak harus diimpor dari Jerman. Sebaliknya bahannya bisa menggunakan bahan dari Indonesia.

"Meskipun ada perbedaan, tapi saat saya mencoba rasanya sama saja. Tidak sama sekali mengubah cita rasanya. Bentuk gak berubah dan bagus," katanya.

Sementara mengenai masakan khas Manado, Kim mengaku tidak terlalu banyak diedukasikan. Sebab masakan Manado tak terlalu asing didengar masyarakat Indonesia.

"Kalau Manado tidak terlalu takut karena banyak yang suka pedas, tidak perlu diedukasikan karena sudah pada tahu dan orang pernah cicipi," bebernya.

Kim Jeffrey Kurniawan
Kim Jeffrey Kurniawan dengan bisnis roti khas Jerman. (BolaSkor.com/Gigi Gaga)



Sedangkan untuk jamu, gelandang naturalisasi asal Jerman ini mengaku mendapatkan kesulitan untuk menemukan obat tradisional yang berbahan dari berbagai ramuan seperti tumbuhan, bahan hewan, hingga bahan mineral ini. Padahal khasiatnya sangat baik bagi kesehatan.

"Biasanya saya dapat jamu dari nenek-nenek yang jual di Jalan. Selain itu hanya ada di hotel-hotel untuk sarapan pagi. Sementara di tempat lain, susah nyarinya," katanya.

Kim mengaku sangat menyukai jamu meski dia lahir dan besar di negara Eropa, Jerman. Itu terjadi ketika pertama kali menjalani karier sepak bolanya di Indonesia.

"Jadi saat di Malang, ada wedang ronde dan lain-lain, di situ suka dan saya kepikiran karena di sini jarang dan kebanyakannya jus. Makanya saya coba bikin si kawula yang menjual jamu juga teh. Karena aku juga pencinta teh," pungkasnya. (Laporan Kontributor Gigi Gaga/Bandung)

Kim Jeffrey Kurniawan Persib Bandung Liga 1 Breaking News
Ditulis Oleh

Tengku Sufiyanto

Pencinta sepak bola Indonesia.
Posts

15.014

Bagikan