BolaSkor.com - Ole Gunnar Solskjaer telah resmi ditunjuk oleh Manchester United sebagai pengganti Jose Mourinho. Solskjaer, 45 tahun, dikontrak Red Devils sebagai manajer interim (sementara) hingga akhir musim 2018-19.

Kedatangannya membangkitkan kembali gairah fans Man United untuk menyaksikan tim kesayangan mereka beraksi. Sebab, Solskjaer ditunjuk pasca Man United memecat Mourinho setelah sebelumnya kalah 1-3 dari Liverpool di Premier League.

Kekalahan itu jadi kekalahan kelima di Premier League, menambah jumlah kebobolan Man United jadi 29 gol, dan membuat jarak mereka dengan Liverpool, pemuncak klasemen, jadi 19 poin. Wajar saja jika fans kecewa dengan performa Man United.

Solskjaer diharapkan bisa jadi juru selamat klub yang pernah dibelanya sebagai pemain pada 1996-2007, menjadikannya tim yang ganas dan kembali disegani - persis seperti julukan Solksjaer di masa lalu "The Baby-Faced Assassin".

Baca Juga:

Kembalinya Supersub, Profil Singkat Perjalanan Karier Ole Gunnar Solskjaer

Pendapat Cristiano Ronaldo soal Manajer Anyar Man United, Ole Gunnar Solskjaer

Ole Gunnar Solskjaer, Gennaro Gattuso di Milan atau Zinedine Zidane di Real Madrid?

Ole Gunnar Solskjaer tidak asing dengan Manchester United

Selama 11 tahun bermain untuk Man United, dengan satu momen bersejarah gol penentu kemenangan atas Bayern Munchen di Liga Champions 1999, Solskjaer belajar banyak dari Sir Alex Ferguson, mantan manajer Man United.

Belajar banyak sebagai pemain, Solskjaer juga pernah terjun langsung sebagai pelatih tim cadangan selama dua tahun (2008-2010), hingga dia banyak bertukar pikiran dengan Ferguson.

Mulai dari cara Ferguson memotivasi pemain hingga mereka menampilkan 100 persen kemampuan, taktik, sampai manajemennya yang sangat teratur, Solskjaer telah mencuri ilmu dari sang guru.

Pengalaman itu ditambah dengan pengalamannya sendiri melatih Molde dan Cardiff City. Solskjaer pernah gagal membesut Cardiff pada 2014 dan dipecat. Tapi, pembelajaran itu menjadi alasan dia siap menerima tantangan melatih Man United.

"Saya pikir saya sudah punya 300-400 laga dengan tim utama sekarang sebagai manajer dan juga tim cadangan, jadi, ya, 10 tahun kurang lebih," ucap Solskjaer di Dailymail.

"Saya telah melakukan sedikit kesalahan, tapi di tahun-tahun itu saya juga telah memenangi liga, memenangi turnamen, terdegradasi, jadi saya sedikit tahu pekerjaan ini," lanjut pria asal Norwegia itu.

Tanpa ragu, Solskjaer menyebut Ferguson sebagai guru terbaik yang menginspirasi caranya mengatur pemain dalam skuat.

"Saya harus mengatakannya saya punya guru terbaik. Bos (Fergie) akan selalu jadi yang terbaik tentang cara Anda menangani orang-orang. Jadi, manajemen dengan sekitar adalah hal yang saya pelajari darinya," tukas Solskjaer.