BolaSkor.com - Ketua Umum (Ketum) PSSI, Mochamad Iriawan, menegaskan penerapan regulasi pemain U-20 di lanjutan Liga 1 dan Liga 2 2020 harus melalui beberapa pertimbangan. Termasuk menunggu arahan manajer pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong. Di mana pelatih asal Korea Selatan itu diminta PSSI membuat roadmap baru Timnas Indonesia.

PSSI menegeluarkan Surat Keputusan (SK) terbaru bernomor SKEP/53/VI/2020 dengan memutuskan lanjutan kompetisi digelar pada bulan Oktober mendatang. Surat ini ditandatangani langsung oleh Iriawan.

Tak hanya itu, dalam SK juga tercantum beberapa rencana mengenai kontrak pemain, pelatih, dan staf klub. 50 persen untuk Liga 1 dan 60 persen atau minimal setara Upah Minimum Regional (UMR) untuk Liga 2.

Namun dalam SK tersebut belum mengatur jadwal kick-off, regulasi, hingga format kompetisi setelah berlanjut menghadapi situasi new normal pandemi Virus Corona (COVID-19).

Baca Juga:

PSSI: Keputusan Final 6 Stadion Piala Dunia U-20 2021 Ada di Tangan FIFA

PSSI Akan Bayar Semua Tes PCR Klub Liga 1

"Nanti itu akan disesuaikan dengan jadwal kompetisi. Satu-dua hari ini Shin Tae Yong akan memberikan roadmap terbaru. Kami akan sesuaikan sehingga nanti roadmap ada, kepentingan klub juga terakomodasi, kepentingan timnas juga demikian," kata Iriawan kepada wartawan, Minggu (29/6), malam.

"Shin Tae Yong diharapkan (tiba) pada bulan Juli minggu pertama sudah bisa kembali ke Indonesia. Dalam rapat virtual saya berdua (dengan Shin Tae-yong) itu sudah disampaikan. Jadi kami akan atur jadwal timnas dengan kompetisi yang ada," tambahnya.

Saat ini, PSSI masih menunggu kedatangan Shin Tae-yong. Satgas Timnas meminta Shin Tae-yong datang pada hari Selasa (29/6). Sementara itu, PSSI juga menunggu roadmap terbaru Timnas Indonesia dari Shin Tae-yong.

Penerapan regulasi pemain U-20 sempat juga diwaacanakan oleh Asosiasi Pelatih Sepak Bola Seluruh Indonesia (APSSI). Kegunaannya memudahkan Shin Tae-yong dalam membentuk Timnas Indonesia U-19/U-20 untuk Piala Dunia U-20 2021 di Indonesia. Meskipun kompetisi Elite Pro Academy (EPA) sebagai ajang liga para pemain muda U-16, U-18, dan U-20 akan kembali digelar PSSI.