BolaSkor.com - Iker Casillas baru saja mengumumkan pengunduran dirinya dari dunia sepak bola. Keputusan itu membuat banyak pihak memberikan penilaian terkait mantan kiper Real Madrid dan Timnas Spanyol tersebut.

Salah satu yang memberikan testimoni adalah Jose Mourinho. Hal ini menjadi menarik karena manajer berkebangsaan Portugal itu pernah berkonflik dengan Casillas.

Momen tersebut terjadi saat Mourinho menangani Madrid pada periode 2010 hingga 2013. Ia sempat mencadangkan Casillas yang berstatus sebagai kapten tim.

Baca Juga:

Iker Casillas Resmi Gantung Sarung Tangan

Capai Caps ke-167, Sergio Ramos Samai Rekor Penampilan Terbanyak di Spanyol Milik Casillas

Ditinggal Iker Casillas, Porto Ingin Rekrut Gianluigi Buffon

Iker Casillas dan Jose Mourinho

Mourinho mengakui hubungannya dengan Casillas saat itu tak berjalan baik. Namun ia memastikan hal tersebut bukan alasan mengirim sang kiper ke bangku cadangan.

"Saya pernah mengalami masa-masa sulit bersama Casillas. Keputusan saya untuk memainkan pemain lain saat itu adalah karena kebutuhan dan profesionalitas, bukan alasan pribadi," kata Mourinho dilansir dari AS.

Dalam konflik ini, Casillas akhirnya keluar sebagai pemenang. Ia kembali mendapat kesempatan tampil di skuat utama Madrid meski berbagi peran tersebut dengan Diego Lopez usai Mourinho lengser di akhir musim 2012-2013.

Selepas kepergian Mourinho, Casillas bahkan mampu mempersembahkan La Decima atau trofi Liga Champions kesepuluh bagi Madrid yang begitu didambakan. Ia juga melengkapinya dengan trofi Copa Del Rey dan Piala Dunia Antarklub sebelum hengkang ke FC Porto pada musimm panas 2015.

Mourinho mengaku hubungannya dengan Casillas sudah jauh lebih baik saat ini. Ia tak ragu memuji mantan anak asuhnya tersebut sebagai salah satu kiper terbaik dunia di eranya.

"Casillas adalah kiper legendaris Real Madrid, timnas Spanyol dan sepak bola. Bersama Casillas, saya juga berhasil juara dengan rekor di Liga Spanyol," tambahnya.

"Kecerdasan dan kedewasaannya telah membuat kami saling menghormati dan bisa bersahabat dengan jujur."