Pengalaman Hector Cuper, Ambisi Mesir di Piala Dunia 2018, dan Target Mo Salah

Arief HadiArief Hadi - Minggu, 10 Juni 2018
Pengalaman Hector Cuper, Ambisi Mesir di Piala Dunia 2018, dan Target Mo Salah
Mohamed Salah punya target pribadi dengan Mesir di Piala Dunia 2018 (Zimbio)

BolaSkor.com - Piala Dunia 2018 sudah di depan mata. Bagi beberapa negara yang turut andil di dalamnya, Piala Dunia merupakan ajang yang 'baru'. Pun demikian dirasakan timnas Mesir yang baru tiga kali bermain di Piala Dunia, yakni pada tahun 1934, 1990, dan tahun ini.

Mesir lolos dramatis dari Kualifikasi Piala Dunia 2018 Zona Afrika dengan mengalahkan Kongo melalui skor 2-1. Pencetak golnya ... siapa lagi jika bukan Mohamed Salah. Dia mencetak dua gol pada laga tersebut. Gol spesial dicetaknya melalui titik putih di menit 90+4.

Bukan cuma sekedar gol biasa, gol penalti Salah mengakhiri penantian 28 tahun Mesir di Piala Dunia. Di momen saat dia meletakkan bola di titik putih yang berada di area penalti, di momen itulah juga Salah merasakan tanggung jawab serta menanggun harapan seluruh rakyat Mesir. Dengan ketenangannya, Salah sukses menjebol gawang Barel Mouko, kiper Kongo.

"Ini kali pertamanya dalam 28 tahun kami lolos kualifikasi (Piala Dunia). Ini tidak normal karena kami memenangi Piala Afrika tujuh kali dan kami juara di tahun 2006, 2008, dan 2010. Memenangi Piala Afrika sudah biasa, tapi kami tidak lolos Piala Dunia (sebelumnya)," Salah bercerita kepada Marca, Sabtu (9/6).

"Karenanya kami semua berkata, 'Wow, kami harus melakukannya (lolos ke Piala Dunia), kami harus melakukannya'. Kami sudah tidak mencapainya dalam waktu panjang dan melakukannya sangat spesial. Mungkin, seperti Spanyol memenangi Piala Dunia (2010)."

Salah berpacu dengan waktu untuk pulih dari cedera dislokasi bahu yang didapatnya di final Liga Champions. Musim ini semuanya berjalan bak mimpi bagi eks pemain Chelsea dan AS Roma. Salah mencetak total 44 gol di seluruh kompetisi yang dimainkannya di musim perdana dengan Liverpool.

Warga Mesir jelas berharap banyak darinya untuk membawa The Pharaohs, setidaknya lolos penyisihan grup. Mesir berada di grup A bersama Arab Saudi, Uruguay, dan tuan rumah Piala Dunia 2018, Rusia. Mo Salah tidak muluk-muluk mencanangkan target.

"Saya pikir tim kami hebat dan memiliki pelatih hebat (Hector Cuper), kami juga ingin lolos ke fase berikutnya dan melakukannya dengan baik. Saya hanya ingin membantu tim lolos ke fase berikutnya dan mencetak gol, terutamanya untuk mencoba membantu tim tampil lebih baik di pertandingan," imbuh Salah.

Berbicara menyoal Cuper, Salah melihatnya sebagai sosok pelatih yang mempersatukan Mesir, membentuk kolektivitas bermain (meski faktanya Mesir juga bergantung kepada kualitas bermain Salah). Satu kelebihan utama Cuper dibanding pelatih sebelumnya, Shawky Gharib, adalah pengalaman besarnya di karier kepelatihan.

Pernah melatih timnas Georgia di tahun 2008-2009, Cuper yang sudah menjadi pelatih dari tahun 1993, juga pernah melatih Mallorca, Valencia, Inter Milan, Real Betis, dan Parma. Ketenangan, wawasan, dan pengalamannya bisa menjadi kunci bagi Mesir untuk bertahan selama mungkin di Rusia.

"Sulit mengatakannya (kekuatan Mesir), tapi saya pikir kekuatannya adalah tim kami dan kebersamaan. Kami bermain berbeda dengan Hector Cuper daripada pelatih sebelumnya. Kami kuat sebagai tim, punya tujuan yang sama, untuk membantu tim memenangi laga, ini hal yang paling penting," papar Salah.

"Dia (Cuper) punya pengalaman besar, pelatih yang baik dan dia membantu kami meningkatkan performa. Dia bukan pria yang keras, saya pikir dia pelatih bagus, pria yang baik. Kami saling membantu sama lain."

Salah merasakan juga dampak dari kehadiran Cuper di Mesir. "Secara taktik, dia membantu saya bertahan lebih baik, tapi juga menemukan sebuah jalan untuk memudahkan ketika menyerang. Saya pikir saya berkembang dengannya," ucap Salah.

Mesir akan memulai perjalanan mereka di Piala Dunia 2018 melawan Uruguay pada Jumat, 15 Juni 2018 pukul 19.00 WIB. Salah diharapkan sudah bisa tampil melawan Uruguay yang diperkuat dua striker top, Luis Suarez dan Edinson Cavani.

Piala Dunia 2018 Breaking News Timnas Mesir Mohammed salah Liverpool
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.127

Bagikan