Pengangguran, Eks Wonderkid Arsenal Sampai Malu Berbicara dengan Anaknya

Arief HadiArief Hadi - Kamis, 26 Agustus 2021
Pengangguran, Eks Wonderkid Arsenal Sampai Malu Berbicara dengan Anaknya
Jack Wilshere (Twitter)

BolaSkor.com - Kehidupan dalam sepak bola bisa berubah cepat dalam hitungan jam, hari, pekan, bulanan, hingga tahunan. Tidak pernah ada yang tahu masa depan. Betapa cepatnya roda berputar itu dirasakan oleh Jack Wilshere.

Baru berusia 29 tahun mantan gelandang timnas Inggris dengan 34 caps dan dua gol masih pengangguran saat ini alias tak punya klub. Ironis, jika melihat masa lalu kala Wilshere disebut sebagai wonderkid Arsenal.

Wilshere produk akademi Arsenal yang dipromosikan dan dikembangkan oleh Arsene Wenger. Dengan karakteristik bermainnya yang unik Pep Guardiola, kala masih melatih Barcelona sampai memujinya.

Baca Juga:

Sol Campbell Gatal Ingin Benahi Pertahanan Arsenal

Arsenal Sudah Kehilangan DNA

Arsenal 0-2 Chelsea: Nestapa The Gunners Berlanjut

Wilshere gelandang kreatif dengan kemampuan mendribel bola dan dapat mengatur ritme bermain dalam kondisi prima. Sayang, cedera menerjangnya dan kariernya tidak pernah sama lagi.

Usai membela Arsenal selama 10 tahun (2008-2018), sempat dipinjamkan ke Bolton Wanderers dan Bournemouth, Wilshere dilepas Arsenal dan menjalani karier di West Ham United dan Bournemouth. Tapi klub yang disebut terakhir memutus kontraknya.

Sedih Ketika Berbicara dengan Keluarga

Wilshere masih aktif bermain dan masih mencari klub, namun sampai saat ini tidak ada klub yang menawarnya, sampai Wilshere pun tak tahu bagaimana menjelaskan nasibnya itu kepada anak-anaknya.

"Hari ini saya berlari di sekitar trek atletik dan berjuang untuk membayangkan saya akan berada di sini pada titik ini dalam karier saya," curhat Wilshere kepada The Athletic.

"Anak-anak saya berada pada usia di mana mereka mengerti. Terutama Archie, yang berusia sembilan tahun. Dia benar-benar berbicara dengan saya, mengatakan, 'Bagaimana dengan MLS?' atau 'Mengapa ayah tidak bermain di LaLiga?"

"Dan sulit untuk menjelaskan kepadanya. Dia akan berkata kepada saya, 'Kenapa tidak ada klub yang menginginkan ayah?' Saya tidak tahu. Tapi bagaimana aku menjelaskan itu padanya?"

"Ketika saya keluar, orang-orang mengenali saya. Bagian tersulit adalah mencoba menjelaskan ketika mereka bertanya, 'Nah, mengapa Anda tidak bergabung saja dengan klub di Inggris?' Saya seperti, 'Tidak ada yang menginginkan saya', dan mereka tidak bisa benar-benar mengerti."

Bermain di Luar Inggris

Saking tidak adanya klub yang tertarik kepadanya, Wilshere menilai klub-klub Inggris sudah menutup diri darinya karena rekor cedera. Wilshere berharap dapat bermain di luar Inggris.

"Saya sudah katakan sebelumnya bahwa saya terbuka untuk pergi ke luar negeri. Bahkan, saya mungkin ingin pergi bermain ke luar negeri. Saya ingin mencoba sesuatu yang berbeda," tambah Wilshere.

"Awali awal yang baru di suatu tempat di mana orang, klub, penggemar tidak berpikir, 'Oh, itu Jack Wilshere. Dia akan cedera hari ini', atau, 'Dia akan memainkan lima pertandingan dan hanya itu ... buang-buang investasi'."

"Saya merasa sedikit seperti pintu di negara ini telah ditutup untuk saya. Saya tidak tahu mengapa. Mungkin karena riwayat cedera dan orang-orang mendapatkan referensi dari berbagai tempat. Saya merasa itu tidak adil."

"Terakhir kali saya mengalami cedera adalah pada Januari 2020. Semua orang berpikir, 'Oh, pergelangan kakinya, pergelangan kakinya'. Itu bukan pergelangan kaki saya. Saya menderita hernia, yang merupakan cedera standar."

"Itu adalah perputaran 10 hari dan kemudian sayangnya lockdown (virus corona) datang. Tapi saya membangun diri saya dan memiliki dasar kebugaran yang sangat baik."

"Langkah saya selanjutnya bukan tentang, 'Saya perlu menghasilkan uang'. Ini tentang perasaan yang saya miliki, dan saya tidak hanya berbicara tentang ketika saya masih kecil, mencintai sepak bola."

"Itu adalah hari-hari awal di Arsenal ketika saya dulu suka bermain, suka keluar dan bermain di Emirates. Ini tentang mencoba mendapatkan kembali perasaan memiliki sesuatu untuk diperjuangkan," urai dia.

Breaking News Jack Wilshere Arsenal Premier League
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.162

Bagikan