Pengaruh Dana Asing ke Klub Besar Eropa Cemaskan Legenda Jerman

Yusuf AbdillahYusuf Abdillah - Jumat, 17 Februari 2023
Pengaruh Dana Asing ke Klub Besar Eropa Cemaskan Legenda Jerman
Uli Hoeness (bundesliga)

BolaSkor.com - Mantan CEO Bayern Munchen yang sekarang duduk sebagai anggota dewan klub Uli Hoeness menyuarakan keprihatinannya terkait masin besarnya pengaruh dana asing dalam sepak bola.

Legenda Jerman itu mengatakan klub-klub tradisional seperti Bayern dapat terlempar dari lingkaran elite sepak bola. Hoeness juga mendesak peraturan kepemilikan klub Jerman dapat dilonggarkan agar klub dapat menarik investor luar negeri.

"Anda perlu cemas bahwa beberapa klub akan dibeli, khususnya dari Timur Tengah," kata mantan penyerang Bayern itu dikutip AFP.

Baca Juga:

Liga Champions: Pahit Manis Cerita Kekalahan PSG di Paris

Hasil Laga Liga Champions: AC Milan Menang Tipis, PSG Gagal Manfaatkan Status Tuan Rumah

Liga Champions: Stefano Pioli Pede AC Milan Mampu Singkirkan Tottenham Hotspur

Akhir-akhir ini terdapat pembicaraan bahwa Qatar ingin membeli Manchester United, dan Arab Saudi mengincar Liverpool.

"Maka tidak akan ada batasnya untuk masalah pengeluaran. Hal itu akan menyenangkan bagi kami," tutur Hoeness menyindir.

Dalam kesempatan itu, Hoeness juga menyampaikan sindiran kepada PSG. Seperti diketahui, Bayern menang 1-0 atas PSG pada leg pertama 16 besar Liga Champions di Paris pada Rabu (15/2) dini hari WIB.

Hoeness menyebut pertandingan itu memperlihatkan bahwa "uang tidak selalu mencetak gol."

Hoeness kemudian meminta sepak bola Jerman agar menghapus peraturan "50+1," yang mensyaratkan para anggota klub untuk memiliki saham mayoritas klub. Hal itu kemudian menyulitkan investasi dari luar negeri.

Berbicara atas nama Bayern, ia mengatakan bahwa "kami akan dengan senang hati menghapus 50+1 karena kami benar-benar tertinggal di level internasional."

Bayern mendominasi keuangan Liga Jerman dan hal itu kemudian diterjemahkan menjadi kesuksesan meraih berbagai gelar. Musim ini, mereka unggul satu poin atas pesaing terdekat di puncak klasemen, saat Bayern mengincar gelar juara liga domestik untuk ke-11 kalinya secara beruntun.

Bayern munchen Liga Champions Uli Hoeness Breaking News
Ditulis Oleh

Yusuf Abdillah

Posts

6.107

Bagikan