Pengawas Wasit Premier League Bedah Keputusan Kontroversial di Derby Merseyside

Taufik HidayatTaufik Hidayat - Jumat, 23 Oktober 2020
Pengawas Wasit Premier League Bedah Keputusan Kontroversial di Derby Merseyside
Wasit Michael Oliver (kiri) membuat sejumlah keputusan kontroversial pada laga Derby Merseyside. (Twitter)

BolaSkor.com - Badan pengawas wasit Premier League (PGMOL) akan meneliti lebih dalam terkait sejumlah momen yang terjadi pada duel Everton kontra Liverpool, akhir pekan lalu. Laga bertajuk Derby Merseyside itu memang menghadirkan sejumlah kontroversi.

Salah satu kontroversi yang paling disorot yaitu cederanya Virgil van dijk usai ditekel kiper Everton, Jordan Pickford. Wasit sama sekali tak memberikan hukuman apa pun terkait insiden ini.

Padahal Van Dijk tidak bisa melanjutkan pertandingan karena aksi berbahaya Pickford tersebut. Ia bahkan terancam absen hingga akhir musim karena harus naik meja operasi.

Baca Juga:

Cederai Virgil van Dijk, Jordan Pickford Lolos dari Hukuman FA

Virgil van Dijk Cedera, Kedalaman Skuad Liverpool Jadi Sorotan

Terancam Absen Panjang, Virgil Van Dijk Ikrarkan Sebuah Janji untuk Liverpool

Insiden Jordan Pickford dan Virgil van Dijk

Terbebasnya Pickford dari hukuman menjadi sorotan. Padahal petugas VAR bisa melihat secara jelas lewat tayangan ulang betapa berbahayanya aksi yang dilakukan kiper Timnas Inggris tersebut.

Keputusan lain yang mengundang kontroversi adalah dianulirnya gol kemenangan Liverpool di penghujung pertandingan. Sadio Mane dianggap lebih dulu terperangkap dalam posisi offside sebelum mengirim umpan kepada Jordan Henderson.

Keputusan ini menjadi polemik karena dari tayangan ulang tak terbukti secara jelas Mane berada dalam posisi offside. Tangannya terlihat masih berada sejajar dengan tubuh bek terakhir Everton.

Dilansir dari Daily Mail, dua insiden dalam derby Merseyside itu akan menjadi salah satu masalah yang dibahas secara serius dalam pertemuan paruh musim PGMOL. Bukan tidak mungkin akan ada aturan baru untuk mengantisipasi hal ini terulang.

Selain itu, PGMOL juga bertindak cepat dengan mengistirahatkan David Coote, wasit yang bertugas sebagai petugas VAR pada Derby Merseyside. Ia turun pangkat menjadi wasit cadangan pada laga West Ham United kontra Manchester City , akhir pekan ini.

Keputusan kontroversial yang terjadi di Derby Merseyside kian mencoreng citra wasit Inggris. Sebelumnya, mereka juga dihujani kritik karena kurang tepat dalam memanfaatkan teknologi VAR.

Premier League Derby merseyside Liverpool Everton Breaking News
Ditulis Oleh

Taufik Hidayat

Agen rahasia yang menyamar jadi kuli tinta.
Posts

6.516

Bagikan