Pengeluaran Tim Satelit MotoGP dalam Satu Musim: Rp155 Miliar

Hendry WibowoHendry Wibowo - Minggu, 05 Januari 2020
 Pengeluaran Tim Satelit MotoGP dalam Satu Musim: Rp155 Miliar
Cal Crutchlow (Zimbio)

BolaSkor.com - Motorsport merupakan olahraga mahal. Maklum banyak sumber daya yang terlibat di dalamnya. Paling merogoh kocek sangat dalam adalah biaya untuk meriset dan membuat kendaraan.

Baru-baru ini, tim satelit LCR Honda, membeberkan pengeluaran mereka dalam satu musim kompetisi MotoGP. Menurut pemilik tim, Lucio Cecchinello, timnya harus menyiapkan dana 10 juta euro per musim atau sekitar Rp 155 miliar!

Baca Juga:

Biaya Perbaikan Motor MotoGP yang Rusak Bisa Mencapai 7,8 Miliar

Alasan Cal Crutchlow jika Pensiun dari MotoGP: Saya Ingin Antar Anak Sekolah

"Dimulai dari biaya motor (bayar ke Honda sebagai tim pabrikan). Biaya penyewaan motor RC213V dipatok Honda di angka 2,2 juta euro," kata Cecchinello.

"Terdengar angka itu terlalu tinggi. Tapi sebenarnya tidak. Coba Anda pikirkan dana yang dihabiskan Honda melakukan riset motor tersebut," tambahnya.

Setiap tahunnya, menurut Cecchinello, LCR Honda turut menyiapkan dana tak terduga. Contohnya seperti biaya perbaikan motor jika dirusak pembalap mereka yang terjatuh di lintasan.

"Kecelakaan, tentu terkadang ini terjadi di balap motor. Kami menyiapkan anggaran sekitar 600 ribu euro sampai 1 juta euro untuk satu pembalap, khusus biaya perbaikan motor," Cecchinello melanjutkan.

LCR Honda memiliki dua pembalap di MotoGP 2019. Keduanya adalah Cal Crutchlow dan Takaaki Nakagami. Alhasil LCR Honda harus menyiapkan dana 2 juta euro hanya untuk biaya perbaikan motor.*

Baca Berita Selengkapnya soal MotoGP Lainnya di KabarOto.com

Breaking News LCR Honda MotoGP 2020 Cal Crutchlow
Ditulis Oleh

Hendry Wibowo

Motorsports Enthusiast and Giallorossi Fan
Posts

2.794

Bagikan