BolaSkor.com - Wacana mengganti F1 GP China mulai mengemuka. Federation Internationale de l’Automobile (FIA) mulai melirik sejumlah sirkuit untuk menggantikan balapan yang sejatinya berlangsung di Shanghai itu, termasuk Imola.

F1 GP China seharusnya berlangsung di Sirkuit Shanghai pada 19 April 2020. Namun, munculnya wabah virus corona membuat FIA membatalkan ajang tersebut.

Seperti diumumkan beberapa waktu lalu, FIA mengambil keputusan untuk mencoret Sirkuit Shanghai dari kalender F1 2020. Mereka tidak ingin mengambil risiko terkait menyebarnya virus corona.

Baca Juga:

Lewis Hamilton Berbagi Penghargaan Laureus dengan Lionel Messi

Akibat Virus Corona, F1 China Resmi Dibatalkan

Alhasil, sejumlah sirkuit dipertimbangkan untuk menggantikan Shanghai. Marca mengabarkan, satu di antara sirkuit yang diincar oleh FIA adalah Autodromo Enzo e Dino Ferrari yang terletak di Kota Imola.

Bukan tanpa alasan, pada masa lalu Imola adalah tempat yang akrab dengan para pencinta F1. Sejak 1981 hingga 2006, sirkuit tersebut rutin menggelar balapan jet mobil darat.

Masalahnya adalah infrastruktur di Imola dianggap tidak lagi memadai untuk menggelar balapan F1. Pengurus sirkuit harus melakukan sejumlah renovasi demi memenuhi standar penyelenggaran F1 modern.

Satu di antaranya adalah pembenahan dinding di beberapa bagian sirkuit. Dinding-dinding tersebut dianggap tidak memenuhi standar keamanan terbaru.

Sirkuit Imola memang kerap membawa kenangan buruk bagi pencinta F1. Maklum, pembalap legendaris, Ayrton Senna, meninggal dunia di sirkuit tersebut pada 1 Mei 1994.