BolaSkor.com - Tim basket putra Jawa Timur (Jatim) berhasil membikin kejutan di PON XX Papua. Tim asuhan pelatih Kencana Wukir merebut medali perunggu usai menang atas Jawa Tengah dengan skor 63-55, Sabtu (9/10).

Pebasket Dewa United Surabaya, Dio Tirta Saputra, mengakui tak menyangka dengan pencapaian tim basket putra Jatim. Pasalnya tim basket putra Jatim diakuinya tidak mematok target apa pun di PON Papua.

"Sebenarnya tim putra tidak ada target, karena mungkin daerah lain lebih berpotensi dan lebih bagus. Tapi kita manfaatkan situasi itu, kita maksimalkan apa yang kita punya, ya akhirnya dapat medali perunggu," ungkap Dio Tirta.

Tampil tanpa target apa pun membuat tim basket putra Jatim tampil 'Nothing to Lose' dan tanpa beban sejak penyisihan Grup B. Sehingga medali perunggu ini menjadi kejutan tersendiri bagi tim basket putra Jatim.

Baca Juga:

Terapkan Prokes Ketat, Coaching Clinic Dewa United Academy Ramai Antusiasme Peserta

Ada Pemain Timnas di NBA, Indonesia Patut Bangga

Statistik tim basket putra Jatim pun tergolong bagus sejak pertandingan penyisihan Grup B. Jatim tercatat mengantongi total empat kemenangan, dan hanya menelan dua kekalahan.

Mereka menang atas Papua (59-56), Bangka Belitung (73-52), Bali (44-42), dan terakhir menang melawan Jawa Tengah (63-55) dalam perebutan perunggu. Sedangkan dua kekalahan tim Jatim didapatkan saat melawan Sulawesi Utara dengan skor 72 -76, dan DKI Jakarta di babak semifinal dengan skor 70-78.

Medali perunggu ini pun terbilang menjadi pencapaian yang pas untuk Jatim. Membayar lunas persiapan panjang yang telah dilakukan Dio Tirta dan rekan satu timnya selama ini.

"Ya itulah apa yang saya dan teman-teman punya, kami sudah kasih yang terbaik di lapangan. Latihan tim Jatim selama satu setengah tahun tidak sia-sia lah di PON kali ini," tutur pebasket 23 tahun itu.

Usai tampil di PON XX Papua, rencananya Dio Tirta akan kembali bergabung dengan Dewa United Surabaya pada 14 Oktober 2021 untuk kembalii menjalani persiapan tampil di IBL musim 2022.