Penghargaan FIFA 2020: Robert Lewandowski dan Jurgen Klopp Jadi yang Terbaik

Taufik HidayatTaufik Hidayat - Jumat, 18 Desember 2020
Penghargaan FIFA 2020: Robert Lewandowski dan Jurgen Klopp Jadi yang Terbaik
FIFA Awards 2020 (FIFA.com)

BolaSkor.com - Federasi Sepak Bola Dunia (FIFA) menggelar acara The Best FIFA Football Awards 2020 pada Jumat (18/12) dini hari WIB. Robert Lewandowski dan Jurgen Klopp keluar sebagai pemenang dalam dua kategori paling bergengsi, pemain dan pelatih pria terbaik tahun ini.

Masa pandemi yang masih berlangsung membuat program tahunan ini diadakan secara daring. Sebagai gantinya, FIFA menyiarkan acara ini melalui berbagai media sosial yang dimiliki.

Lewandowski melengkapi tahun 2020 dengan gelar pemain terbaik dunia. Penyerang Bayern Munchen itu mengungguli dua megabintang dunia, Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo.

Baca Juga:

Daftar Pemenang Penghargaan UEFA 2019-2020: Robert Lewandowski Pemain Terbaik

Robert Lewandowski Ditantang Pindah ke Serie A

Robert Lewandowski, Pesepak Bola Terbaik Jerman 2020

Robert Lewandowski

Lewandowski mencetak 55 gol dari 47 laga sepanjang musim lalu. Ia juga membawa Munchen meraih treble winners.

Pada Oktober lalu, Lewandowski juga dinobatkan menjadi pemain terbaik Eropa pilihan UEFA. Ia kemungkinan juga akan meraih gelar Ballon d'or andai salah satu penghargaan individu paling bergengsi itu tidak ditiadakan tahun ini.

"Jika Anda memenangkan penghargaan seperti ini dan berbagi gelar dengan Messi dan Ronaldo, itu luar biasa dan sangat berarti bagi saya," kata Lewandowski dilansir dari BBC.

"Dahulu kala, saya ingat saya merindukan sesuatu seperti ini dan sekarang saya bisa memenangkan penghargaan ini. Ini benar-benar berarti, di mana pun anda datang, yang penting adalah apa yang Anda masukkan ke dalamnya."

Sementara itu, Lucy Bronze terpilih sebagai pemain terbaik wanita. Bek Manchester City itu mengalahkan dua pesaingnya, Pernille Harder (Belanda) dan Wendie Renard (Prancis).

Dari kategori pelatih, Jurgen Klopp terpilih menjadi yang terbaik. Ia mengalahkan Hansi Flick yang membawa Munchen mendominasi Eropa pada tahun ini.

Ini menjadi yang kedua kali secara beruntun, Klopp terpilih menjadi pelatih terbaik FIFA. Tahun lalu ia menerima penghargaan ini usai membawa Liverpool juara Liga Champions.

Jurgen Klopp

"Saya memiliki begitu banyak orang untuk berterima kasih dan kebanyakan dari semuanya adalah tim pelatih saya. Jika saya tahu kami akan memenangkannya, tim pelatih saya akan berada di sini bersama saya karena apa yang kami lakukan tahun lalu adalah tentang anak-anak ini," kata Klopp.

"Kami tidak bermimpi 30 tahun tetapi kami sudah bermimpi selama beberapa tahun. Itu benar-benar luar biasa dan kami semua memiliki tahun yang istimewa dengan cara yang sayangnya tidak terlalu positif tetapi untuk penggemar Liverpool setidaknya kami bisa membuat beberapa sorotan dalam periode yang sulit."

Satu penghargaan bergengsi lain yaitu Puskas Award untuk gol terbaik jatuh kepada Son Heung-min. Gol solo run penyerang Tottenham Hotspur tersebut ke gawang Burnley menjadi yang paling banyak dipilih.

Pemenang penghargaan ini memang ditentukan oleh pilihan dari kapten dan pelatih tim nasional setiap anggota FIFA. Selain itu beberapa kategori juga melibatkan penggemar dan 200 perwakilan media.

Berikut daftar lengkap penerima penghargaan FIFA Award 2020

Pemain terbaik pria: Robert Lewandowski (Bayern Munchen/Timnas Polandia)
Pemain terbaik wanita: Lucy Bronze (Manchester City/Timnas Inggris)
Kiper terbaik pria: Manuel Neuer (Bayern Munchen/Timnas Jerman)
Kiper terbaik wanita: Sarah Bouhaddi (Olympique Lyon/Timnas Prancis)
Pelatih terbaik pria: Jurgen Klopp (Liverpool)
Pelatih terbaik wanita: Sarina Wiegman (Timnas Belanda)
Gol terbaik: Son Heung-min (Tottenham Hotspur vs Burnley, 7 Desember 2019)
Fair Play: Mattia Agnese (Ospedaletti/Italia)

Best XI pria (4-3-3): Alisson Becker; Trent Alexander-Arnold, Virgil van Dijk, Sergio Ramos, Alphonso Davies; Joshua Kimmich, Kevin De Bruyne, Thiago Alcantara; Lionel Messi, Robert Lewandowski, Cristiano Ronaldo.

Best XI wanita (3-4-3): Christiane Endler; Lucy Bronze, Wendie Renard, Millie Bright; Tobin Heath, Veronica Boquete, Barbara Bonansea, Megan Rapinoe; D. Cascarino, Vivianne Miedema, Pernille Harder.

Fifa Robert Lewandowski Jurgen Klopp Breaking News
Ditulis Oleh

Taufik Hidayat

Agen rahasia yang menyamar jadi kuli tinta.
Posts

6.516

Bagikan