Penghormatan untuk Gianluca Vialli dari Figur dan Klub Sepak Bola Eropa

Arief HadiArief Hadi - Jumat, 06 Januari 2023
Penghormatan untuk Gianluca Vialli dari Figur dan Klub Sepak Bola Eropa
Gianluca Vialli di Chelsea (Twitter)

BolaSkor.com - Kabar duka dari sepak bola dunia berlanjut setelah meninggalnya ikon sepak bola Brasil, Pele, pada Desember lalu. Pada Jumat (06/01) sore WIB legenda sepak bola Italia, Gianluca Vialli, menghembuskan nafas terakhirnya.

Vialli meninggal pada usia 58 tahun usai bertarung melawan kanker sejak 2017. Bagi sepak bola Eropa, khususnya Italia dan juga fans sepak bola lawas Italia, Vialli sosok yang ikonik dengan kualitasnya sebagai penyerang dan juga sosok yang murah senyum.

Dalam kariernya dari 1980 hingga 1999 Vialli hanya memperkuat empat klub yakni Cremonese, Sampdoria, Juventus, dan Chelsea. Empat klub tetapi meninggalkan kesan khususnya saat berseragam Sampdoria dan Juventus.

Baca Juga:

Cremonese 0-1 Juventus, Untung Ada Milik

Kabar Duka, Legenda Sampdoria Gianluca Vialli Meninggal Dunia

Gianluca Vialli, Ikon yang Dihormati Semua

Di sana Vialli memenangi total dua Scudetto, empat Coppa Italia, satu Liga Champions, dan UEFA Cup Winners' Cup, belum lagi kala jadi juara Piala Liga dan Piala FA dengan Chelsea. Bersama Italia Vialli tidak memenangi trofi, tetapi ia pernah jadi bagian skuad pada Piala Dunia 1986 dan 1990.

"Gianluca adalah orang yang luar biasa dan dia meninggalkan kekosongan yang tidak dapat diisi," kata Presiden Federasi Sepak Bola Italia (FIGC), Gabriele Gravina.

"Saya berharap sampai akhir bahwa dia akan mampu menampilkan keajaiban lainnya. Namun saya terhibur dengan kepastian bahwa apa yang dia lakukan untuk sepak bola Italia dan seragam biru tidak akan pernah terlupakan."

Momen ketika Roberto Mancini, pelatih timnas Italia dan eks rekan setim Vialli di Sampdoria, memeluknya di Piala Eropa 2020 (yang berujung trofi) akan selalu menjadi pemandangan spesial dengan tangisan yang keluar dari mata Vialli.

Figur dan klub-klub sepak bola Eropa memberikan penghormatan terakhirnya untuk Gianluca Vialli. Berikut ucapan mereka yang telah dirangkum oleh BolaSkor:

Alessandro Del Piero, legenda Juventus

"Kapten kami. Kapten saya. Selalu. Selamat tinggal, Luca."

Javier Zanetti, legenda Inter Milan

"Anda telah mewujudkan kelas, keanggunan, rasa hormat. Di dalam dan di luar lapangan, setiap hari. Senyummu akan tetap abadi. Beristirahatlah dengan tenang, Gianluca."

Pernyataan Sampdoria

"Kami tidak akan melupakan 141 gol Anda, tendangan salto Anda, kemeja kasmir Anda, anting-anting Anda, rambut pirang platinum Anda, jaket bomber Ultras Anda. Anda memberi kami begitu banyak, kami memberi Anda begitu banyak: ya, itu cinta, timbal balik, tak terbatas. Cinta yang tidak akan mati hari ini bersamamu."

Pernyataan Juventus

"Kami menyukai segalanya tentang Anda, benar-benar segalanya - senyum Anda, Anda menjadi bintang dan pemimpin pada saat yang sama, di lapangan dan di ruang ganti, cara petualang Anda yang menggemaskan, budaya Anda, kelas Anda, yang Anda tunjukkan sampai hari terakhir dalam garis-garis hitam dan putih."

Pernyataan FIGC

"Foto di halaman Wembley itu, pelukan dengan pelatih Roberto Mancini setelah gol Federico Chiesa melawan Austria di babak 16 besar Piala Eropa 2021, akan menjadi salah satu gambaran Gianluca Vialli yang akan kami bawa dalam hati kami selamanya."

Pernyataan Chelsea

"Anda akan dirindukan oleh banyak orang. Seorang legenda bagi kami dan bagi seluruh sepak bola. Beristirahatlah dalam damai, Gianluca Vialli."

Pernyataan Manchester United

"Pemain, manajer, dan orang yang luar biasa yang merupakan hak istimewa untuk bersaing. Beristirahatlah dalam damai, Gianluca Vialli."

Graeme Souness, eks rekan setim Vialli di Sampdoria

"Dia hanya suka tertawa. Dia senang berada di sekitar. Jika Anda bersama dengannya selama 10-15 menit sekali, saya pikir Anda mengingatnya selama sisa hidup Anda."

Alan Shearer, legenda Newcastle United

"RIP Gianluca Vialli. Sungguh pria yang menyenangkan dan pemain yang luar biasa."

Peter Crouch, eks striker timnas Inggris

"Saya benar-benar patah hati tentang hal ini. Saya memiliki kaos Sampdoria home and away karena dia. Saya mencoba meniru tendangan volinya di taman dan pria yang sangat baik ketika saya bertemu dengannya. RIP."

Gianluca Vialli Sampdoria Juventus Italia Timnas Italia
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.138

Bagikan