Pengkritik Lionel Messi Tak Paham Sepak Bola

Taufik HidayatTaufik Hidayat - Senin, 20 Desember 2021
Pengkritik Lionel Messi Tak Paham Sepak Bola
Lionel Messi (Twitter)

BolaSkor.com - Penampilan Lionel Messi bersama Paris Saint-Germain (PSG) pada musim 2021-2022 tak luput dari serangkaian kritik. Namun para pengkritik La Pulga dituding sebagai orang yang tak paham sepak bola.

Ekspektasi tinggi mengiringi kedatangan Messi ke PSG pada musim panas kemarin. Megabintang Argentina itu dianggap akan melengkapi dahsyatnya kekuatan Les Parisiens yang sudah dipenuhi bintang kelas satu.

Sayangnya yang terjadi di lapangan belum sesuai ekspektasi. Messi masih kesulitan menunjukkan sihirnya bersama raksasa Prancis tersebut.

Data statistik menunjukkan hal tersebut. Messi tercatat baru mencetak enam gol dan lima assist dari 15 laga di semua kompetisi.

Baca Juga:

Lionel Messi Menangi Ballon d'Or Ketujuh, Cristiano Ronaldo Tak Masuk Lima Besar

Lionel Messi Curhat Alasan Melempem di PSG

Sang Ayah Tanggapi Tudingan Lionel Messi Tak Pantas Raih Ballon d'Or

Messi bahkan harus menunggu hingga pekan ke-14 untuk mencetak gol perdananya di ajang Ligue 1 2021-2022. Meskipun ia sempat absen karena cedera.

Akibatnya, status Messi sebagai salah satu pemain terbaik dunia pun mulai diragukan. Kesuksesannya meraih trofi Ballon d'Or tahun ini juga diiringi banyak cibiran.

Hujan kritikan yang diterima Messi membuat gerah direktur PSG, Leonardo. Ia pun balik menyindir para pengkritik Messi sebagai orang yang tak paham sepak bola.

“Jika Anda mulai berdiskusi tentang Messi, itu karena Anda tidak mengerti apa-apa tentang sepak bola. Kami tidak bisa meragukannya," kata Leonardo kepada Europe 1.

Leonardo tak asal bicara. Ia punya pandangan menarik terkait kiprah Messi pada musim perdananya di PSG.

Meski produktivitas golnya masih rendah, Leonardo cukup puas dengan performa yang ditunjukkan Messi. Penampilannya tak pernah mengecewakan saat turun ke lapangan.

"Jika Anda melihat angka (statistik) Messi, enam bulan pertamanya luar biasa. Dia dan Kylian Mbappe terlibat di hampir setiap gol klub dan sangat menentukan," tambahnya.

"Kami tidak membawa Messi untuk tampil di setiap pertandingan. Dengan dia, tentu saja kami lebih kompetitif."

Salah satu kritikan yang paling sering ditujukan kepada Messi adalah keengganannya untuk bertahan. Leonardo juga punya jawaban untuk hal ini.

"Siapa bilang dia harus berlari 12 kilometer di setiap pertandingan? Dia telah bermain dengan cara yang sama selama 20 tahun," kata Leonardo lagi.

"Dia mudah beradaptasi karena dia jenius, dan jenius lain yang kita miliki akan beradaptasi dengannya."

Kualitas Messi akan benar-benar diuji pada babak 16 besar Liga Champions. Undian mempertemukan PSG dengan Real Madrid yang tengah dalam performa terbaik.

Leonardo dan para suporter PSG tentu berharap magis Messi akan terlihat pada dua pertemuan. Hal itu bisa menjadi kunci kesuksesan tim asuhan Mauricio Pochettino lolos ke perempat final dan selangkah lebih dekat dengan trofi impian.

Lionel Messi Paris Saint-Germain Leonardo Breaking News
Ditulis Oleh

Taufik Hidayat

Agen rahasia yang menyamar jadi kuli tinta.
Posts

6.516

Bagikan