BolaSkor.com - Timnas Italia sukses menjadi yang terbaik di Piala Eropa 2020. Gli Azzurri mengalahkan tuan rumah, Inggris di Wembley melalui drama adu penalti (3-2) setelah di waktu normal berakhir imbang 1-1.

Italia menjaga catatan unbeaten (tak pernah kalah) menjadi 34 laga di bawah arahan Roberto Mancini. Melawan Inggris mereka dominan dengan 66 persen penguasaan bola dan menciptakan lebih banyak peluang.

Keberhasilan Italia menjadi juara juga menjadi suka cita klub-klub Serie A, khususnya Juventus. Il Bianconeri menjadi klub dengan statistik top skorer di Piala Eropa 2020, artinya perwakilan mereka di turnamen jika diakumulasikan mencetak gol terbanyak.

Baca Juga:

Diburu Juventus, Sang Agen Jelaskan Status Jorginho

Respons Locatelli Usai Dikaitkan dengan Juventus

Deretan Pemuncak Statistik Piala Eropa 2020: Dari Ronaldo hingga Jorginho

Leonardo Bonucci

Gol dari Leonardo Bonucci di final Piala Eropa 2020 kontra Inggris menjadikan Juventus sebagai top skorer klub di turnamen. Itu menjadikan Juventus menyamakan rekor sepanjang masa sebagai lima pencetak gol berbeda di kompetisi yang sama, menyamai catatan Atalanta sebelum laga final.

Pada awalan Piala Eropa 2020 Serie A memulainya dengan baik melalui dua gol dari (pemain) Sassuolo, Sampdoria, Napoli, dan Lazio. Mereka itu seperti Manuel Locatelli, Ciro Immobile, Lorenzo Insigne, dan Mikkel Damsgaard.

Atalanta juga memulai baik dengan tujuh gol datang dari pemain-pemain La Dea. Atalanta arahan Gian Piero Gasperini jadi tim pertama dengan lima pencetak gol berbeda sejak Real Madrid pada 2012, rekor yang juga dimiliki Anderlecht pada 1984 dan Barcelona pada 2000.

Akan tapi catatan Atalanta itu berakhir selepas Piala Eropa 2020 berakhir. Juventus kini jadi top skorer klub di Piala Eropa dengan total 12 gol, di atas juara bertahan Serie A Inter Milan dengan delapan gol, dan juara Premier League, Manchester City juga dengan delapan gol.

Berikut lima top skorer klub di Piala Eropa 2020:

Federico Chiesa

1. Juventus (12 gol): Cristiano Ronaldo (lima gol), Alvaro Morata (tiga gol), Federico Chiesa (dua gol), Aaron Ramsey (satu gol), Leonardo Bonucci (satu gol).
2. Inter Milan (delapan gol): Romelu Lukaku (empat gol), Ivan Perisic (dua gol), Milan Skriniar (satu gol), Nicolo Barella (satu gol).
3. Man City (delapan gol): Raheem Sterling (tiga gol), Ferran Torres (dua gol), Oleksandar Zinchenko (satu gol), Kevin De Bruyne (satu gol), Aymeric Laporte (satu gol).
4. Atalanta (tujuh gol): Joakim Maehle (dua gol), Matteo Pessina (dua gol), Aleksandar Miranchuk (satu gol), Robin Gosens (satu gol), Mario Pasalic (satu gol).
5. RB Leipzig (enam gol): Mikael Forsberg (empat gol), Yussuf Poulsen (dua gol).

Simak Rangkuman keseruan Piala Eropa 2020 di sini