Penjelasan Detail PSSI soal Kasus Ezra Walian: Ada Kekeliruan Berkas Naturalisasi

Tengku SufiyantoTengku Sufiyanto - Rabu, 27 Maret 2019
Penjelasan Detail PSSI soal Kasus Ezra Walian: Ada Kekeliruan Berkas Naturalisasi
Ezra Walian dalam latihan pagi Timnas Indonesia U-23 di Hanoi. (Vietnamnet)

BolaSkor.com - Harapan Ezra Walian untuk membela Timnas Indonesia U-23 di ajang Kualifikasi Piala Asia U-23 2020 memang telah pupus. AFC melalui persetujuan FIFA atas rekomendasi KNVB (PSSI-nya Belanda) melarang Ezra Walian tampil membela Skuat Garuda Muda karena administrasi.

Ezra sudah membela timnas Belanda U-17 pada ajang Kualifikasi Piala Eropa U-17 2013 lalu. Saat itu, Ezra bermain selama 40 menit dan turut menyumbang lima gol kemenangan 12-0 Belanda atas San Marino.

Akhirnya, PSSI melalui Sekretaris Jenderal (Sekjen) PSSI, Ratu Tisha Destria menceritakan apa yang sebenarnya terjadi dalam kasus Ezra.

"Pada Jumat lalu, dua hari sebelum pertandingan (di Kualifikasi Piala Asia U-23 2020), PSSI menerima surat dari KNVB (Asosiasi Sepak Bola Belanda, red) yang menyatakan Ezra pernah main di kompetisi resmi usia 17 tahun. Nah, persyaratan dari FIFA, jika pemain sudah pernah main di kompetisi resmi usia 17 tahun dan yang bersangkutan belum pernah bermain di kompetisi dan tinggal minimal dua tahun di Indonesia maka tidak bisa main di next kompetisi," ungkap Ratu Tisha.

"Oleh karena itu PSSI harus menghormati aturan yang ada FIFA. Waktunya sudah mepet untuk kami bisa appeal, berlanjut, dan itu sudah kami konsultasikan dengan tim kepelatihan. Paling penting adalah itu dan tidak ada masalah karena kan bawa 24 pemain," tambahnya.

Baca Juga:

Sikat Thailand 4-0, Timnas Vietnam U-23 Juara Grup dan Lolos ke Piala Asia U-23 2020

Komentar Indra Sjafri Usai Timnas Indonesia U-23 Menang Dramatis atas Brunei

Ezra Walian
Ezra Walian. (Instagram Ezra Walian).

Ratu Tisha menjelaskan bahwa ada kekeliruan berkas proses naturalisasi Ezra. Ia pun menjelaskan secara detail kekeliruan tersebut.

"Sebenarnya yang pertama keterbukaan terhadap agen dan pemain pada PSSI. Dalam CV Ezra kami tidak menerima Ezra bermain kompetisi resmi U-17. Oleh karena itu pelajaran yang paling penting untuk PSSI adalah mengesahkan regulasi perantara atau regulasi mengatur intermediaris. Agar segala kelengkapan bisa terlindungi dari awal untuk terjaga," ungkap Ratu Tisha.

"Kami tidak bisa menyalahkan juga, mungkin saat itu belum ada data yang belum diterima atau ada kekurangan. Namun saat itu, intermediaris menyatakan belum ada data yang masuk ke PSSI terkait keikutsertaan Ezra di U-17 dan baru diketahui saat apply ke AFC. PSSI memang meminta pemain naturaliasasi juga sama, bukan hanya Ezra.

Ezra Walian
Ezra Walian dan Egy Maulana Vikri. (BolaSkor.com/Frengky Aruan)

Ratu Tisha menambahkan, kekeliruan ini muncul karena memang sistem kinerja PSSI sempat bermasalah, lantaran adanya suspend dari FIFA terhadap sepak bola dan pembekuan PSSI pada tahun 2015 lalu.

"Efek suspensi yang dialami PSSI nyatanya tidak berdampak singkat, tidak setahun dua tahun, tetapi efeknya panjang dan banyak pembenahan regulasi yang kami lakukan. Salah satunya adalah regulasi pemain, perpindahan transfer pemain di domestik, di youth menuju elite, dari elite menuju ke atasnya lagi," tutupnya.

Ratu Tisha Destria Ezra walian Timnas indonesia u-23 Breaking News Fifa Afc
Ditulis Oleh

Tengku Sufiyanto

Pencinta sepak bola Indonesia.
Posts

14.859

Bagikan