BolaSkor.com - Manajer Manchester City Pep Guardiola mengungkapkan alasan kuatnya pertahanan tim sejauh ini di Premier League. Menurut manajer asal Spanyol itu kekuatan City bukan hanya datang dari lini belakang, tapi juga kolektif.

Dengan hanya kebobolan 13 gol dari 21 laga City sejauh ini memiliki rekor terbaik di Premier League, Arsenal dan Tottenham Hotspur terbaik kedua dengan 22 gol kebobolan.

Kukuhnya pertahanan City disinyalir terbentuk setelah klub merekrut Ruben Dias dari Benfica. Ditambah fakta kebangkitan performa John Stones pertahanan Manchester Biru semakin sulit ditembus.

Akan tapi menurut Guardiola kukuhnya pertahanan City bukan karena lini belakang yang kuat, tapi juga gaya main City yang dominan di penguasaan bola hingga lawan jarang menyentuh bola.

Baca Juga:

Thiago Alcantara, Perwujudan Filosofi Sepak Bola Pep Guardiola

Hadapi Man City, Klopp Tak Berani Duetkan Bek Anyar Liverpool

5 Alasan Man City Dapat Berlari Sendirian dalam Perebutan Gelar

Ruben Dias dan John Stones jadi kekuatan di lini belakang Man City

"Alasan mengapa (rekor pertahanan City sangat bagus) adalah karena 67 persen dari waktu kami menguasai bola," Guardiola menjelaskan dikutip dari Goal.

"Ini alasan utama. Alasan utamanya adalah kami memiliki bola. Jika Anda menguasai bola sebanyak mungkin maka lawan tidak menguasai bola."

"Tentu saja, lawan bisa mencetak gol dari bola mati atau serangan balik tetapi semakin banyak Anda menguasai bola, semakin besar peluang Anda untuk mencetak gol. Inilah alasannya."

"Mungkin suatu hari mereka akan mengubah aturan, tetapi saya pikir untuk mencetak gol Anda membutuhkan bola."

"Anda tidak bisa memenangkan gelar, terutama Premier League dan Bundesliga, jika Anda kebobolan banyak gol. Musim lalu kami kebobolan lebih dari biasanya dan kami tidak menyesuaikan diri dengan baik pada beberapa hal."

"Tetapi jika Anda melihat gol yang kami kebobolan. selama bertahun-tahun kami di sini di Manchester, di Munich, di Barcelona, selalu sedikit. Sedikit, sedikit, sedikit," tegas Guardiola.

Pertahanan City akan kembali diuji di pekan 23 Premier League melawan juara bertahan, Liverpool di Anfield, Minggu (07/02) pukul 23.30 WIB.