Penjelasan PSSI soal Shin Tae-yong sebagai Manajer Pelatih Timnas Indonesia, Bukan Pelatih Kepala

Tengku SufiyantoTengku Sufiyanto - Senin, 30 Desember 2019
Penjelasan PSSI soal Shin Tae-yong sebagai Manajer Pelatih Timnas Indonesia, Bukan Pelatih Kepala
Shin Tae-yong diperkenalkan secara resmi oleh PSSI. (BolaSkor.com/Andhika Putra)

BolaSkor.com - Sekretaris Jenderal (Sekjen) PSSI, Ratu Tisha Destria, menjelaskan jabatan Shin Tae-yong sebagai manajer pelatih Timnas Indonesia. Penjelasan ini karena masih ada kekeliruan mengenai jabatan pelatih asal Korea Selatan tersebut.

Ratu Tisha menjelaskan, Shin Tae-yong dalam klausul kontrak menjabat sebagai manager coach atau manajer pelatih Timnas Indonesia selama 4 tahun. Nantinya, Shin Tae-yong akan dibantu 4 pelatih asal Korea Selatan dan beberapa pelatih nasional.

Tiga asisten pelatih Shin Tae-yong yang baru diketahui adalah Gong Oh-kyun, pelatih kiper Kim Hae-woon, dan pelatih fisik Lee Jae-hong. Satu nama yang masih rahasia adalah pelatih fisik. Di mana, Shin Tae-yong melihat fisik pemain Timnas Indonesia Junior hingga Senior yang lemah.

Lebih lanjut, Ratu Tisha menjelaskan, Shin Tae-yong menjabat manajer pelatih dari Timnas Indonesia Senior, U-23, U-20/U-19, dan U-16. Di setiap Timnas Indonesia akan ada pelatih kepala.

Baca Juga:

Shin Tae-yong Tak Jadikan Pemain Naturalisasi Prioritas di Timnas Indonesia

Menpora Optimistis Shin Tae-yong Bawa Prestasi untuk Timnas Indonesia

Shin Tae-yong
Shin Tae-Yong (BolaSkor.com/Hadi Febriansyah)

Hanya Timnas Indonesia U-16 yang sudah ada pelatih kepala, yakni Bima Sakti. Namun, Shin Tae-yong bertanggung jawab penuh di Timnas Indonesia Senior dan U-20 untuk Piala Dunia U-20 2021.

"Nantinya, di bawah manajer coach ada head coach dan lain-lain. Coach Shin berhak menentukan siapa-siapa, misal Kim Hae-woon sebagai head coach di Timnas mana. Tapi, coach Shin tanggung jawab penuh bisa dibilang pelatih di Timnas Indonesia Senior dan U-20," kata Ratu Tisha.

"Nanti tanggal 6 Januari (2020) soal struktur kepelatihan akan diumumkan secara resmi oleh PSSI," tambahnya.

Saat ini, hanya Indra Sjafri yang baru diketahui membantu Shin Tae-yong. Namun, jabatan sang arsitek secara resmi baru diumumkan tanggal 6 Januari 2020.

"Ketum (PSSI, Mochamad Iriawan) hingga Exco (PSSI) sudah setuju saya membantu Shin Tae-yong. Namun pengumuman secara resmi jabatan saya, nanti tanggal 6 Januari," kata Indra Sjafri.

Timnas Indonesia Shin Tae-yong Breaking News
Ditulis Oleh

Tengku Sufiyanto

Pencinta sepak bola Indonesia.
Posts

14.977

Bagikan