Pensiun Susul Iniesta dan Pique, David Silva Akhiri Era Keemasan Timnas Spanyol

Arief HadiArief Hadi - Selasa, 14 Agustus 2018
Pensiun Susul Iniesta dan Pique, David Silva Akhiri Era Keemasan Timnas Spanyol
David Silva dan Andres Iniesta (Zimbio)

BolaSkor.com – Peralihan era bukan cuma terjadi di Real Madrid, Arsenal, dan Chelsea. Sepak bola Spanyol juga tengah berbenah, baik itu di kompetisi La Liga atau timnas Spanyol. La Liga tidak lagi memiliki megabintang dunia yang meraih lima Ballon d’Or, Cristiano Ronaldo, yang hengkang ke Juventus.

Tanpa Ronaldo, La Liga tinggal menyisakan Lionel Messi sebagai megabintang yang menarik atensi pecinta sepak bola Eropa untuk menyaksikan pertandingan sepak bola di Spanyol. Pertarungan El Clasico pun diyakini tidak akan seseru sembilan tahun terakhir, ketika Ronaldo terus bersaing dan dibandingkan dengan Messi.

La Liga tetap menjadi satu liga di antara lima liga terbaik Eropa. Masalah kepergian Ronaldo tentunya akan jadi isu yang coba diselesaikan Presiden La Liga, Javier Tebas bersama jajaran direksinya.

Satu solusi unik yang baru muncul adalah menyiarkan La Liga gratis melalui Facebook. Meski hanya sebatas disiarkan di India, Afganistan, dan beberapa daerah khusus, kepastian itu mengartikan bahwa La Liga masih berupaya mempopulerkan siaran mereka di dunia.

Kesampingkan permasalahan di La Liga, sepak bola Spanyol juga tengah mengalami peralihan era setelah satu pemain senior mereka, David Silva, juga memutuskan pensiun menyusul Gerard Pique dan Andres Iniesta.

“Ini (pensiun) bukan keputusan mudah setelah segala yang sudah saya lalui, duduk dan menulis kata-kata ini. Dibutuhkan waktu berhari-hari dan berpekan-pekan untuk menganalisis dan merefleksi sebelum mengambil keputusan mengakhiri era saya di timnas Spanyol,” ucap Silva, diberitakan Sport-English, Selasa (14/08).

“Tanpa keraguan, inilah pilihan tersulit dalam karier saya yang saya buat dengan kerendahan hati dan rasa terima kasih. Timnas telah memberikan saya segalanya dan mengizinkan saya berkembang sebagai pesepakbola dan pria sejak kategori usia muda.”

Akhir Era Keemasan timnas Spanyol

Silva – sama seperti Pique, Iniesta, David Villa, Xavi Hernandez, Xabi Alonso – juga menjadi bagian kesuksesan Spanyol yang meraih sukses dua Euro dan satu Piala Dunia pada periode 2008-2012. Tak ayal keputusannya pensiun mengartikan bahwa La Furia Roja tengah memulai era baru di bawah arahan Luis Enrique.

Generasi baru itu akan berpusat kepada Isco, Thiago Alcantara, Marco Asensio, Diego Costa, Koke, dan kawan-kawan. Tidak mudah memang menggantikan barisan legenda yang sudah masuk sejarah terbaik sepak bola Spanyol, namun di situlah tantangan bagi Enrique yang pernah sukses bersama FC Barcelona pada medio 2014-2017.

Sebelum tanggal 31 Agustus, Enrique akan mengumumkan skuat Spanyol pertamanya untuk laga Liga Negara UEFA melawan Inggris. Publik untuk kali pertama akan mengetahui siapa potensi pengganti Silva, Iniesta, dan Pique yang baru-baru ini mengutarakan pengumuman gantung sepatu. Iniesta, sama seperti Silva, pensiun pasca Piala Dunia 2018, sementara Pique sudah jauh-jauh hari berkata akan pensiun setelah Piala Dunia.

Silva pemain unik yang dapat bermain di banyak posisi di lini tengah dan sayap permainan. Dia playmaker yang dapat diandalkan untuk membongkar pertahanan lawan, serta menjadi solusi mencetak gol. Kemungkinan, perannya akan digantikan oleh Isco atau Asensio.

Sedangkan untuk kasus Iniesta akan lebih sulit lagi. Mustahil mencari penggantinya. Thiago disinyalir akan ditempatkan Enrique sebagai pengganti peran bermain Iniesta di lini tengah, tentunya dengan permainan yang berbeda. Lalu untuk Pique, Spanyol bisa menggantikannya dengan Nacho Fernandez, Cesar Azpilicueta, atau Marc Bartra yang sedang menikmati kebangkitan kariernya di Real Betis.

Breaking News David Silva Timnas Spanyol Andres Iniesta Gerard Pique Luis enrique
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.165

Bagikan