BolaSkor.com - Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, menyebutkan pentingnya industri olahraga untuk Indonesia. Jokowi mengatakan olahraga bisa menjadi pendongkrak ekonomi Indonesia.

Hari Olahraga Nasional (Haornas) 2020 berlangsung pada Rabu (9/9). Acara tersebut diadakan secara virtual dengan tema Sports Science, Sports Tourism, serta Sports Industry.

Acara tersebut dihadiri oleh berbagai kalangan, termasuk di antaranya Presiden Jokowi secara virtual. Mantan Wali Kota Solo itu menekankan pentingnya industri olahraga.

Baca Juga:

Jokowi Minta Berpikir Realistis terhadap Target Timnas Indonesia U-20 di Piala Dunia U-20

Menpora Komentari Indonesia Village dan Presiden Diganggu Pebisnis

Pasalnya penggerak industri olahraga bukan sekadar kalangan atas. Berbagai industri terlibat di sana hingga bisa melibatkan UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah).

"Olahraga merupakan industri yang cakupannya luas, mulai industri event, pakaian, sepatu, dan lain-lain. Lalu ada industri penyiaran, suvenir, yang melibatkan UMKM sampai perusahaan multinasional," ujar Presiden Jokowi.

"Target dasarnya bukan hanya masyarakat daerah. Bukan sekadar hanya pasar nasional, tetapi global. Olahraga membuka peluang mengembangkan sport tourism."

"Sport tourism menjadi tren pariwisata baru yang pasarnya sangat besar dan luas. Indonesia punya banyak tempat indah untuk pengembangan sport tourism," lanjutnya.

Pada saat yang sama, Presiden Jokowi meminta semua insan olahraga menyiapkan langkah besar untuk kemajuan olahraga. Apalagi olahraga tengah terhambat pandemi virus corona.