Penyakit Generasi Muda Sepak Bola: Tidak Sabaran

Arief HadiArief Hadi - Senin, 13 Februari 2023
Penyakit Generasi Muda Sepak Bola: Tidak Sabaran
Para pemain muda Barcelona (Twitter)

BolaSkor.com - Sepak bola di masa lalu dengan saat ini sepenuhnya berbeda. Tidak sama. Terutamanya dengan kemajuan teknologi dan juga perkembangan zaman dengan banyaknya perhatian publik melalui media sosial (medsos).

Salah satu perubahan itu terlihat tuntutan yang semakin cepat dan deras untuk sebuah kesuksesan, bahkan itu terkait perkembangan pemain. Kesabaran menjadi suatu hal yang langka pada era sepak bola modern.

Hal itulah yang disadari oleh pelatih Barcelona, Xavi Hernandez. Xavi adalah legenda Barcelona yang datang dari akademi klub (La Masia), perlahan naik ke tim utama, berkembang, sebelum mengamankan tempat reguler di lini tengah.

Hasilnya pun terlihat dengan namanya yang terukir dalam sejarah Barcelona sebagai legenda klub, saksi hidup era emas sepak bola Barcelona dengan tiki-taka kala dilatih Pep Guardiola, serta jadi bagian sejarah kesuksesan timnas Spanyol.

Baca Juga:

Manchester United Kejar Ansu Fati, Barcelona Mulai Luluh

Ansu Fati Terancam Ditumbalkan Barcelona

Ansu Fati Disarankan Pergi dari Barcelona

Menjalani hidup sebagai pemain di masa lalu dan kini jadi pelatih, melatih generasi baru dan muda sepak bola di Barcelona, Xavi menilai generasi muda tidak sabaran dan ingin semuanya terjadi dengan cepat.

"Saya menawarkan kepada mereka contoh dari beberapa rekan satu tim mereka. Ada Franck Kessie, yang membuat perbedaan tempo hari," tutur Xavi soal Kessie yang juga jarang main tapi dapat membuat perbedaan, dikutip dari Sport-English.

"Dan di sini (dalam diri saya) mereka memiliki seseorang yang memiliki banyak kesabaran. Saya menghabiskan tiga tahun mengenakan nomor punggung 26 sebelum sukses di sini. Terlalu terburu-buru (generasi saat ini)."

"Saya pikir generasi baru ingin pergi terlalu cepat. Anda harus bersabar untuk berhasil di sini, bagi saya, klub terbesar di dunia... dan yang paling sulit."

Xavi juga tengah bersabar mengembangkan bakat muda dalam skuad Barcelona saat ini seperti Gavi, Pedri, Ansu Fati, dan Alejandro Balde.

Xavi Xavi Hernandez Barcelona FC Barcelona LaLiga
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.264

Bagikan