Penyakit Real Madrid Makin Terlihat di Akhir Tahun

Yusuf AbdillahYusuf Abdillah - Selasa, 24 Desember 2019
Penyakit Real Madrid Makin Terlihat di Akhir Tahun
Luka Jovic (twitter)

BolaSkor.com - Real Madrid gagal menutup 2019 dengan gemilang. Pada laga penutup tahun, Los Blancos hanya menuai hasil imbang tanpa gol saat menjamu Athletic Bilbao di Stadion Santiago Bernabeu.

Menjelang akhir tahun memang menjadi periode minor bagi pasukan Zinedine Zidane. Mereka gagal meraih kemenangan dalam tiga laga beruntun, kontra Valencia, Barcelona, dan Bilbao. Titik permasalahan jelas ada pada ketidakmampuan El Real mencetak gol.

Baca Juga:

Zinedine Zidane Minta Real Madrid Beri Kesabaran

Tak Beli Striker Baru, Real Madrid Gantungkan Harapan kepada Karim Benzema

16 Besar Liga Champions: Zidane Anggap Guardiola Pelatih Terbaik Dunia

Ya, kemandulan membuat Madrid hanya meraih tiga poin dari potensi sembilan poin. Artinya juga, Madrid hanya mampu mencetak sebiji gol dalam 270 menit.

Dilihat dari permainan secara keseluruhan, Madrid sejatinya tampil apik. Mereka hanya tidak mampu menjebol gawang lawan. Madrid sepertinya masih terdampak dari hengkangnya Cristiano Ronaldo, yang sebelumnya merupakan sumber utama gol mereka. Meski saat ini Karim Benzema mulai dikatakan kembali tajam.

Walau realitas menyatakan Madrid kesulitan membuat gol, Zidane sendiri tidak begitu cemas. Dia yakin gol akan datang. "Gol-gol akan mengalir pada 2020," ujarnya usai laga melawan Bilbao dikutip dari Marca.

Zidane boleh saja tidak menganggap kemandulan timnya sebagai masalah. Tapi dalam tiga laga terakhir itu Madrid hanya mencatat 18 tembakan tepat sasaran, cuma satu yang berbuah gol.

Sebagai perbandingan, di antara 16 klub yang tampil di 16 besar Liga Champions, Real Madrid termasuk yang paling bawah dalam rasio tembakan tepat sasaran berbuah gol. Madrid hanya unggul atas tetangganya Atletico Madrid yang punya catatan terburuk.

Data statistik menunjukkan, Atletico butuh 3,6 shot on target untuk membuat satu gol. Sedangkan Real Madrid baru bisa mencetak gol setelah 3,57 kali usaha.

Publik Madrid dan Zidane boleh saja tidak menganggap masalah ini terlalu besar. Terlebih dalam laga melawan Bilbao mereka mengatakan tidak beruntung karena tiga kali usaha mereka gagal karena menghantam tiang gawang. Namun, statistik menunjukkan Madrid harus segera mempertajam lini serang mereka.

Real Madrid LaLiga
Ditulis Oleh

Yusuf Abdillah

Posts

6.107

Bagikan