Penyebab Lionel Messi Tak Masuk Nominasi Ballon d'Or

Taufik HidayatTaufik Hidayat - Sabtu, 13 Agustus 2022
Penyebab Lionel Messi Tak Masuk Nominasi Ballon d'Or
Lionel Messi (Twitter)

BolaSkor.com - Lionel Messi untuk kali pertama sejak 2006 tak masuk daftar nominasi Ballon d'Or. France Football selaku penyelenggara ajang penghargaan pesepak bola terbaik dunia itu menjelaskan penyebabnya.

Messi saat ini masih berstatus kolektor trofi Ballon d'Or terbanyak. Ia sudah dinobatkan sebagai pemain terbaik dunia dalam tujuh kesempatan berbeda.

Dengan reputasi tersebut, menghilangnya nama Messi dari daftar kandidat tentu merupakan sebuah kejutan. Apalagi La Pulga masih mampu mempersembahkan trofi Ligue 1 untuk Paris Saint-Germain (PSG) sepanjang musim lalu.

Baca Juga:

Pertama Kali Sejak 2005, Lionel Messi Tak Masuk 30 Besar Nominasi Ballon d'Or

Sudah Seharusnya Karim Benzema Menangi Ballon d'Or 2022

Dijagokan Messi Raih Ballon d'Or, Benzema Beri Respons

Jurnalis France Football, Emmanuel Bojan tak memungkiri Messi masih menjadi salah satu yang terbaik di dunia. Namun regulasi terbaru Ballon d'Or membuat mantan pemain Barcelona itu terlempar dari daftar 30 kandidat.

"Pemain Argentina itu adalah bagian dari diskusi dalam mengelompokkan 30 nominasi. Namun kriteria baru untuk Ballon d'Or tidak menguntungkan baginya," kata Bojan kepada L'Equipe.

Regulasi Ballon d'Or memang mengalami perubahan. Kini penilaian kepada para kandidat hanya dilihat dari performa selama satu musim terakhir.

Sebelumnya rekan jejak sang pemain sepanjang kariernya turut menjadi pertimbangan. Hal inilah yang membuat Messi serta Neymar akhirnya terlempar dari daftar nominasi.

"Tidak memungkinkan untuk mengintegrasikan Copa America 11 Juli 2021. Kemudian, harus diakui bahwa musim pertamanya di Paris sangat mengecewakan baik dalam hal kesan visual dan statistik," tambahnya.

Bojan juga menjelaskan alasan masih masuknya nama Cristiano Ronaldo dalam daftar nominasi. Padahal CR7 terbukti gagal membawa Manchester United berprestasi pada musim lalu.

"Ronaldo menjadi pencetak gol terbanyak di level internasional musim ini (2021-2022, 117 gol). Dia sangat menentukan di babak penyisihan grup Liga Champions dengan empat gol krusial yang memberi Man Utd tujuh poin," kata Bojan lagi.

"Di Premier League, dia memiliki 18 gol termasuk dua hat-trick. Secara total, 32 gol dalam 49 pertandingan tidak sebanyak di musim terbaiknya, tetapi cukup untuk menjadi salah satu dari 30 pemain terbaik di dunia."

Lionel Messi Ballon d'Or Breaking News
Ditulis Oleh

Taufik Hidayat

Agen rahasia yang menyamar jadi kuli tinta.
Posts

6.516

Bagikan