BolaSkor.com - Seperti mayoritas pesepakbola profesional lainnya, menjaga kebugaran fisik selalu dalam kondisi fit sudah pasti menjadi tuntutan utama. Tak terkecuali bagi Gufroni Al Maruf, penyerang sayap Persis Solo pada musim 2020 dipinjamkan oleh Madura United.

Ia pun menceritakan soal kegiatan rutinnya, diantara sepak bola, amal dan Ramadan, di tengah masa pandemi COVID-19 saat ini. Masa yang diakuinya memang sulit, mengingat profesinya sebagai pesepakbola profesional.

"Kompetisi berhenti, ya bagaimana caranya agar selalu sehat. Saya rutin bersepeda di sekitar rumah," ujar Roni, panggilan akrabnya Bolaskor.

Baca Juga:

Jalani Puasa Perdana dengan Sang Istri, Ini Menu Favorit Berbuka Evan Dimas

Robert Rene Alberts Tak Janjikan Persib Impresif Lagi jika Liga 1 Dilanjutkan

Kerinduannya untuk kembali merumput pun akhirnya terlaksana. Meski di tengah pandemi dan Bulan Ramadan, kondisi puasa tidak berarti kegiatan olahraganya berhenti begitu saja.

"Main bola sebagai bagian menjaga kebugaran, tidak terlalu tinggi (levelnya). Tidak apa-apa meski jauh," tambah pemain yang moncer saat membela Madura FC selama dua musim, hingga ke babak 8 besar Liga 2 tahun 2018 lalu.

Di sisi lain, Roni juga sangat antusias untuk melengkapi Ramadan dengan berbagai amalan. Ia pun tak berpikir panjang ketika Dokjreng FC mengajaknya menyumbang Jersey koleksi pribadi, dalam gelaran amal sebagai panggalangan dana mengatasi pandemi covid-19.

"Saya menyumbang Jersey Madura United saat bermain melawan Persebaya dalam (partai ketiga Grup A) Piala Gubernur Jatim lalu. Yang penting, Jersey ini cepat laku dan (hasil lelangnya) memberi manfaat banyak orang," tandasnya.

Gufroni kini menantikan bagaimana kejelasan kompetisi Liga 2. Ia pun berharap nasib kompetisi sepak bola berada dalam solusi yang terbaik, pasca pandemi covid-19 dinyatakan berakhir, satu saat nanti. (Laporan Kontributor Kristian Joan/Malang)