Pep Guardiola Bicara soal Rumor Xavi Latih Barcelona

Arief HadiArief Hadi - Sabtu, 30 Oktober 2021
Pep Guardiola Bicara soal Rumor Xavi Latih Barcelona
Pep Guardiola dan Xavi (Twitter)

BolaSkor.com - Pasca Ronald Koeman dipecat Barcelona nama legenda klub, Xavi Hernandez muncul sebagai calon kandidatnya. Sementara itu Barca menunjuk Sergi Barjuan sebagai pelatih interim.

Koeman dipecat menyusul serangkaian hasil buruk Barcelona. Dalam dua laga terakhir Barca kalah dua kali beruntun melawan Real Madrid (1-2) dan Rayo Vallecano (0-1). Dipecatnya Koeman juga menjadi klimaks dari masalah klub musim ini.

Barcelona sudah dirundung banyak masalah sejak awal musim in. Dari kepergian Lionel Messi, masalah finansial akibat pandemi virus corona dan rezim dahulu (era Josep Maria Bartomeu), berujung kepada transfer yang terbatas.

Xavi, bersama Erik ten Hag hingga Roberto Martinez, dirumorkan bakal melatih Barcelona menggantikan Koeman. Nama yang disebut pertama disinyalir jadi kandidat utama, terutamanya setelah Fabrizio Romano mengonfirmasi negosiasi pertama klub dengan Xavi.

Baca Juga:

Pecat Koeman, Barcelona Mulai Negosiasi dengan Xavi

Al-Sadd Tepis Isu Xavi Akan Latih Barcelona

Perkembangan Terbaru Kedatangan Xavi ke Barcelona: Kontrak Sudah Siap

Pep Guardiola dan Xavi

Xavi (41 tahun) tengah melatih Al Sadd sejak 2019 pasca pensiun bermain. Di sana ia meraih sukses meski kesuksesan itu dipandang sebelah mata, mengingat liga tempat Al Sadd bermain.

Sebagai produk akademi La Masia dan legenda Barca yang bermain di tim utama dari 1998 hingga 2015, Xavi sangatlah mengenal kultur Barcelona. Hal itu juga yang menjadi keyakinan Pep Guardiola kepadanya.

Mantan pelatih Xavi yang kini melatih Manchester City turut mengomentari rumor itu. Menurut Guardiola, Xavi sudah siap melatih Barcelona, tapi ia juga mengingatkan bahwa peran klub sangat penting untuk sukses.

“Pertama-tama saya tidak tahu apa yang akan terjadi. Mereka memiliki manajer sementara (Sergi Barjuan) dan saya berharap dia beruntung, dia adalah teman dekat. Xavi, jika itu terjadi, saya tidak ragu dia siap untuk melakukan pekerjaan itu. Dia tahu lingkungan yang sangat penting," terang Guardiola dikutip dari Manchester Evening News.

“Dia tahu permainannya, dia punya gairah. Dia memiliki lebih banyak pengalaman sekarang daripada yang saya miliki ketika saya mengambilalih. Koeman tahu dan Sergi tahu dan Xavi dan saya tahu, kesuksesan tergantung pada perekrutan dan para pemain."

“Orang-orang lupa - kami bertanggung jawab tetapi pengaruh kami lebih minimal daripada yang diyakini orang. Keberhasilan yang saya dapatkan adalah karena kualitas para pemain."

“Xavi tentu saja sangat bagus, jika Xavi adalah manajer berikutnya saya berharap yang terbaik untuknya dan semoga selangkah demi selangkah tim dapat kembali."

“Ronald dan saya sendiri tahu persis bahwa kami bergantung dan hidup dan berharap dan kami ada di sana untuk hasil. Tidak ada yang bisa bertahan tanpa hasil, tidak ada Koeman, tidak ada Pep."

“Dia adalah teman saya, saya berharap yang terbaik untuknya dan akan segera bertemu dengannya dan saya yakin dia melakukan hal-hal baik untuk para pemain muda di akademi. Semua orang tahu itu, tidak peduli apa yang Anda lakukan, itu tergantung pada pekerjaannya," pungkas Guardiola.

Breaking News Guardiola Pep Guardiola Xavi Xavi Hernandez Barcelona FC Barcelona LaLiga
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.168

Bagikan