Pep Guardiola Kaget dengan Performa Chelsea Dalam Mempertahankan Titel Premier League

Arief HadiArief Hadi - Minggu, 04 Maret 2018
Pep Guardiola Kaget dengan Performa Chelsea Dalam Mempertahankan Titel Premier League
Pep Guardiola kaget dengan penurunan performa Chelsea musim ini (Getty Images)

BolaSkor.com - 22 poin, inilah jarak terkini di Premier League antara pemuncak klasemen, Manchester City, dengan sang juara bertahan, Chelsea. Keduanya akan segera bertemu di pekan 29 Premier League pada laga yang berlangsung Minggu, 4 Maret 2018 pukul 23.00 di Etihad Stadium.

Kondisi kedua tim musim ini berbeda 180 derajat dibanding musim lalu. Di musim lalu, Man City masih berusaha memahami gaya bermain yang diinginkan Pep Guardiola. Sementara Chelsea, langsung memahami taktik bermain Antonio Conte dalam pakem taktik 3-4-3 dengan variasinya seperti 3-5-2.

Namun musim ini, Chelsea terpaut jauh dari Man City yang ada di puncak klasemen. Bahkan, mereka saat ini ada di urutan lima klasemen alias zona Liga Europa. Chelsea terpaut dua poin dengan Tottenham Hotspur yang berada di batas terakhir zona Liga Champions, dan delapan poin dengan tim yang berada di bawah mereka, Arsenal.

Guardiola pun cukup heran melihat penurunan performa Chelsea musim ini. Namun di satu sisi lainnya, manajer asal Spanyol senang dengan konsistensi bermain timnya untuk terus menjaga posisi satu klasemen Premier League.

"Jika Anda bertanya saya di awal musim, ya (terkejut dengan cara Chelsea mempertahankan titel Premier League). Dan sekarang juga, ya, tentu saja. Tapi, kami telah melakukannya dengan baik. Kami juga sempat kehilangan beberapa poin. Itulah kenapa. Hasil saat melawan (Manchester) United, Tottenham, Chelsea, sangat bagus," papar Guardiola, diberitakan Independent, Sabtu (03/3).

"Itulah hasil dari pertarungan untuk merebutkan titel Premier League. Kami memiliki 75 poin dan mereka masih ingin 78-79 poin, jadi kami butuh 81-82 untuk menjadi juara. Pada bulan Maret kami banyak mengoleksi poin dan ada jarak (dengan tim rival). Alasan mengapa kami memiliki banyak poin adalah karena kami melakukan segalanya dengan baik," tuturnya.

Chelsea boleh jadi keluar dari jalur perebutan titel Premier League. Namun, Guardiola tetap memuji manajer mereka, Antonio Conte. Ia secara khusus memuji Conte karena inovasi taktik yang digunakannya di Premier League, yakni tiga bek yang diadaptasi oleh tim-tim lainnya saat ini, termasuk salah satunya Arsenal.

"Apa yang telah Antonio lakukan di sini, di Premier League, mungkin orang-orang tidak menyadarinya. Dia mengenalkan cara lain menyerang dengan lima bek di belakang, sistem lain. Banyak tim, termasuk Arsenal, banyak mengimitasinya," tambah Guardiola.

"Dari segi taktik, dialah pakarnya, dia melakukannya dengan sangat hebat dengan Timnas Italia dan ketika dia melatih Juventus. Saya pikir Conte akan meninggalkan sesuatu di sepak bola Inggris. Saya yakin itu," urainya.

Pep Guardiola Antonio Conte Manchester City Chelsea Premier League
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.106

Bagikan