Pep Guardiola Pasang Badan Bela Antonio Conte dari Kritikan Publik

Arief HadiArief Hadi - Senin, 05 Maret 2018
Pep Guardiola Pasang Badan Bela Antonio Conte dari Kritikan Publik
Pep Guardiola bela Antonio Conte dari kritikan publik (Getty Images)

BolaSkor.com - Manchester City melanjutkan momentum kemenangan mereka di Premier League. The Citizens memenangi pekan 29 Premier League melawan juara bertahan, Chelsea, di Etihad Stadium dengan skor 1-0 melalui gol tunggal yang diciptakan Bernardo Silva.

Gol dari Silva tercipta di awal babak kedua, ketika para pemain Chelsea lengah menghadapi serangan cepat Man City yang berawal dari operan Sergio Aguero kepada David Silva. Lalu, Silva mengirim umpan silang mendatar ke dalam kotak penalti Chelsea, dan disambar Silva lainnya yang bereaksi lebih cepat ketimbang bek sayap kiri Chelsea, Marcos Alonso.

Bagi Pep Guardiola, gol itu sangat melegakan, karena ia cukup frustrasi melihat strategi parkir bus yang diterapkan Antonio Conte di Chelsea. Para pemain The Blues sama sekali tidak memberi celah yang dapat dieksploitasi pemain Man City. Pertahanan Chelsea rapat dan solid.

Berkat kemenangan itu, perlahan demi perlahan, Man City memijaki tangga mendekati titel Premier League kelima dalam sejarah klub. Guardiola pun turut senang melihat karakter bermain yang ditunjukkan timnya.

"Hasil ini sangat penting, sebuah kemenangan hari ini merupakan satu langkah lebih dekat. Kami butuh empat kemenangan lagi untuk menjadi juara, ini sudah berada di tangan kami, dan jika kami memiliki karakter seperti hari ini, kami akan menjadi juara," tutur Guardiola.

Berbeda dengan Guardiola yang dipuja-puja karena mampu mengangkat permainan Man City, mengubah gaya bermain mereka hingga diakui sebagai salah satu tim terbaik di Eropa saat ini. Conte justru sebaliknya. Manajer asal Italia dikritik habis-habisan karena terlalu menerapkan strategi yang defensif. Taktik yang sudah diterapkannya sejak musim lalu, dianggap telah basi.

Guardiola pun pasang badan membela Conte. Ia mengingatkan kepada publik, bahwa skuat Chelsea saat ini, tidak banyak mengalami perubahan dibanding musim lalu, dan masih dilatih manajer yang sama, yang sukses mempersembahkan trofi Premier League.

"Melawan tim yang kuat seperti Chelsea, yang masih berstatus juara, dan mengalahkan mereka dengan cara yang kami lakukan hari ini, inilah mengapa kemenangan terasa begitu hebat. Saya tidak pernah menilai apa yang dilakukan manajer lainnya. Siapa yang dapat melupakan manajer yang sama, dan pemain yang hampir sama, yang menjadi juara musim lalu," tambah Guardiola, seperti dilansir Metro, Senin (05/3).

Berkat kemenangan tersebut, Man City kini kokoh di puncak klasemen dengan koleksi 78 poin, terpaut 18 poin dengan Liverpool di urutan dua klasemen. Sedangkan Chelsea, berada di "No Man's Land" alias urutan lima, terpaut lima poin dengan Tottenham Hotspur di peringkat empat alias batas terakhir zona Liga Champions.

Antonio Conte Pep Guardiola Manchester City Chelsea Premier League
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.024

Bagikan