Peraih Medali Emas Paralympic Atlanta Bantu Persiapan Timnas Basket Kursi Roda Indonesia

Andhika PutraAndhika Putra - Senin, 25 Juni 2018
Peraih Medali Emas Paralympic Atlanta Bantu Persiapan Timnas Basket Kursi Roda Indonesia
Tim Nasional Kursi Roda Basket. (BolaSkor.com/Andhika Putra)

BolaSkor.com- Tim nasional kursi roda basket Indonesia mendapat bantuan luar biasa dari peraih medali emas Paralympic 1996, Gerry Hewson, selama menjalani pemustan latihan nasional. Gerry bertugas sebagai penasihat dan memberikan masukan kepada Donald Santoso dkk.

Indonesia baru kali ini memiliki tim nasional kursi roda basket yang dipersiapkan untuk Asian Para Games 2018 di Jakarta. Dari 12 pemain yang ada, hanya Donald yang pernah bermain kursi roda basket sebelumnya saat masih tinggal di Amerika Serikat.

Adapun ke-11 pemain lainnya sebelumnya sama sekali belum mengenal olahraga ini. Mereka kebanyakan berasal dari cabang lain seperti tenis atletik.

Kondisi tersebut yang membuat tim nasional kursi roda basket pada akhirnya meminta bantuan Gerry. Tak disangka, Gerry bersedia membantu persiapan Tim Garuda.

"Saya lebih menekankan tentang bagaimana teknik dasar. Mereka memiliki keinginan untuk berlatih sangat keras, itu terlihat dari apa yang telah mereka bisa lakukan saat ini," ujar Gerry kepada BolaSkor.com.

"Beberapa dari mereka sebelumnya tidak ada yang tahu bagaimana cara bermain basket. Apalagi dengan kursi roda, tetapi perkembangan mereka luar biasa, saya bangga kepada mereka," sambung pria asal Australia tersebut.

Persiapan yang sempit antara pemusatan latihan yang dimulai sejak Maret 2018 dengan Asian Para Games yang dihelat pada September juga tak membuat Gerry khawatir. Pebasket yang pernah tampil pada tiga olimpiade yakni Athena, Beijing, dan Atlanta, menjamin tim nasional kursi roda basket Indonesia siap tampil.

"Perkembangannya sangat baik. Semangat mereka besar, dalam waktu tiga bulan saja mereka sudah bisa melakukan banyak hal dan siap untuk bertanding," kata Gerry.

Breaking News Asian Para Games Asian Para Games 2018 Tim Nasional Kursi Roda Basket
Ditulis Oleh

Andhika Putra

Posts

8.245

Bagikan