Peran Susy Susanti di Balik Sukses Alan Budikusuma Menangi Olimpiade 1992

Budi Prasetyo HarsonoBudi Prasetyo Harsono - Sabtu, 22 Februari 2020
Peran Susy Susanti di Balik Sukses Alan Budikusuma Menangi Olimpiade 1992
Alan Budikusuma. (PBSI)

BolaSkor.com - Mantan pebulu tangkis Indonesia, Alan Budikusuma, mengenang peran istrinya, Susy Susanti, menjelang Olimpiade 1992. Menurut Alan, dukungan Susy yang membantunya bangkit dari titik terendah.

Alan Budikusuma dikenang sebagai pemenang medali emas bulu tangkis pertama nomor tunggal putra sepanjang sejarah Olimpiade. Alan melakukannya pada edisi 1992.

Akan tetapi, rupanya jalan Alan untuk memenangi gelar tersebut tidaklah mudah. Mulai dari bersaing dengan rekan senegaranya, hingga performa sempat jatuh drastis.

Puncaknya pada Piala Thomas 1992. Alan yang saat itu diharapkan menyumbang poin justru gagal menjalankan tugasnya dengan baik. Di situlah peran Susy terlihat.

Baca Juga:

Gubernur Tokyo Anggap Ucapan Calon Wali Kota London Tak Pantas soal Jadi Tuan Rumah Pengganti Olimpiade 2020

Jelang Olimpiade 2020, Komisi X DPR RI Beri Catatan untuk Kemenpora

"Memang waktu bulan Mei 1992 keadaan saya kurang baik. Performa saya berada di titik paling bawah, jadi itu yang membuat saya cukup syok, kok begini ya. Padahal Olimpiade sudah dekat. Di Thomas Cup Indonesia kalah dari Malaysia," kenang Alan Budikusuma.

"Saya yang saat itu diharapkan menyumbang poin, malah kalah. Ada yang cerita mungkin itu ada hal-hal non teknis, tapi saya pikir kalah ya kalah. Kepercayaan diri saya menurun terus, padahal Olimpiade tinggal dua bulan."

"Peran Susy, nomor satu adalah kepercayaan diri. Susy meyakinkan saya, kalau saya bisa mengembalikan performa dalam dua bulan. Dan bilang kalau kekalahan bukanlah akhir dari segalanya. Jadi peran Susy sangat besar buat saya," lanjutnya.

Breaking News Susy Susanti Bulu Tangkis Olimpiade
Ditulis Oleh

Budi Prasetyo Harsono

Falling in love with the beauty of football because of Alessandro Del Piero and Paolo Maldini. Part time musician, full time journalist.
Posts

5.618

Bagikan