BolaSkor.com - Andres Iniesta semakin mendekati pintu keluar Barcelona, klub yang sudah dibelanya sejak tahun 2002. Sedianya, fans, petinggi, dan rekan setim Iniesta mengharapkannya gantung sepatu alias pensiun di Barcelona. Namun, Iniesta tampak sudah bulat dengan keputusannya untuk hengkang.

Menyusul kekalahan mengejutkan Barca dari Roma dengan skor 0-3 di perempat final Liga Champions, hingga akhirnya Barca tersingkir karena kalah agresivitas gol tandang 4-4, Iniesta tidak ingin mengubah pendiriannya. Disinyalir, pemain berusia 33 tahun itu akan meninggalkan Eropa dan berlabuh di salah satu klub Tiongkok.

Kontrak seumur hidup yang diberikan kepada alumni akademi La Masia itu pun tampak tidak berpengaruh banyak. Iniesta sudah berkata pasca Barca meraih kemenangan 2-1 melawan Valencia akhir pekan lalu di La Liga, jika kecintaan fans kepadanya tak akan mengubah pendiriannya menyoal masa depannya di Barca. Iniesta berpotensi hengkang pasca memainkan final Copa del Rey akhir pekan ini melawan Sevilla.

Belum jelas klub mana yang akan dibelanya jika ia pindah ke Tiongkok. Namun, menurut berita yang dilansir Marca dan AS (17/4), Iniesta juga pindah ke Tiongkok dengan alasan untuk meluaskan pemasarannya dari bisnis yang dijalankannya, perusahaan anggur bernama Bodega Iniesta.

Perusahaan itu sudah berdiri sejak tahun 2010 dan beroperasi di kampung halamannya, Fuentealbilla. Bodega Iniesta juga memiliki situs yang menyediakan bahasa Spanyol, Inggris, dan Mandarin. Itulah kenapa, Iniesta tidak hanya ingin bermain sepak bola di Tiongkok, melainkan untuk sekalian memasarkan usaha yang dimilikinya.

Klub manapun yang mengontrak Iniesta nanti, diprediksi akan mengontraknya selama tiga tahun dengan menjalin beberapa perjanjian di dalam klausulnya, seperti: kesepakatan agar tim manajemennya dapat membantu pelatihan sepak bola anak kecil. Kurang lebihnya, Iniesta akan membantu persepakbolaan Tiongkok seperti halnya mantan rekan setimnya di Barcelona, Xavi Hernandez, yang mengembangkan sepak bola Qatar dengan klubnya saat ini, Al Sadd.