BolaSkor.com - Rekor ada untuk dipecahkan. Hal itulah yang coba dilakukan penyerang Tottenham Hotspur, Harry Kane, di timnas Inggris yang mengejar rekor legenda Manchester United Wayne Rooney.

Baru ini Kane (28 tahun) menyamai rekor gol Sir Bobby Charlton di timnas Inggris. Kane sejauh ini sudah bermain 69 kali, menorehkan 49 gol, dan memberikan 14 assists untuk timnas Inggris.

Sementara Rooney yang bermain di Inggris pada medio 2003-2018 punya catatan 120 caps, 53 gol, dan 21 assists. Rooney sudah pensiun dan saat ini menjadi pelatih Derby County, tak ayal rekor yang ditinggalkannya itu ada dan coba dipecahkan Kane.

Baca Juga:

Geramnya Gareth Southgate Lihat Maguire Disoraki Suporter Inggris

5 Bek yang Dapat Menggeser Posisi Harry Maguire di Timnas Inggris

Harry Kane Sejajarkan Diri dengan Bobby Charlton

“Saya ingin bermain sebanyak mungkin. Saya akan siap kapan pun saya dibutuhkan," ucap Kane beberapa waktu lalu.

“Saya ingin sekali memecahkan rekor itu. Mudah-mudahan, dengan permainan yang kami miliki tahun ini, itu akan mungkin. Saya berada di tempat yang sangat bagus saat ini.”

Pada usia 28 tahun dan masih ada potensi bagi Kane pindah ke klub yang bertarung memenangkan trofi setiap musimnya, Kane bisa saja memecahkan rekor itu. Sementara itu mari sama-sama membandingkan rekor gol Kane dan Rooney di timnas Inggris.

Rekor Gol Per Laga

Dari poin ini Kane lebih tajam dan efisien ketimbang Rooney. Kane memiliki catatan satu gol per 1,38 laga, sementara Rooney satu gol per 2,26 laga. Hal itu dapat dilihat dari gaya main kedua pemain.

Kane, meski juga dapat membuka ruang dan menciptakan peluang, juga penyelesai akhir ulung di kotak penalti lawan. Sementara Rooney yang mencetak gol debut pada 2003 lebih banyak beroperasi di luar kotak penalti sebagai pengatur serangan.

Pencetak Gol Terbanyak di Turnamen Besar

Kane lagi-lagi unggul di poin ini dengan catatan 10 gol sementara Rooney tujuh gol di turnamen besar (Piala Dunia atau Piala Eropa). 10 gol dicetak Kane hanya dari dua turnamen yakni Piala Dunia 2018 dan Piala Eropa 2020.

Sementara Rooney mencetak empat gol di Piala Eropa 2004, lalu tidak mencetak gol di Piala Dunia 2006 dan Piala Dunia 2010, lalu mencetak satu gol di Piala Eropa 2012, Piala Dunia 2014, dan Piala Eropa 2016.

Gol Terbanyak di Laga Uji Coba

Rooney unggul dalam poin ini dengan 16 gol berbanding enam gol Kane di laga uji coba. Pada turnamen besar Kane lebih tajam dari Rooney, tetapi di pertandingan persahabatan Rooney bermain lebih lepas tanpa adanya tekanan besar.

Tapi gol-gol Rooney itu tidak bisa disepelekan meski di laga uji coba, sebab lawan-lawannya adalah tim seperti Argentina, Belanda, Brasil, Skotlandia, dan Prancis.

Gol Penalti

Apabila sebelumnya David Beckham dan Frank Lampard jadi eksekutor penalti andalan Inggris, Rooney mengambilalih tugas itu setelahnya dengan gol penalti pertama Inggris pada 2012 melawan San Marino.

Setelahnya Rooney total mencetak tujuh gol penalti sebelum suksesornya, Kane mengambilalih tugas tersebut, dan sejauh ini sudah mencetak 14 gol dari penalti. Tentu saja itu masih bisa bertambah.