Perbasi Tetapkan Protokol New Normal untuk Basket

Budi Prasetyo HarsonoBudi Prasetyo Harsono - Rabu, 17 Juni 2020
Perbasi Tetapkan Protokol New Normal untuk Basket
Danny Kosasih. (IBL)

BolaSkor.com - Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (Perbasi) mengumumkan protokol new normal untuk olahraga tersebut. Terdapat sejumlah ketentuan yang mereka keluarkan.

Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) sudah mengeluarkan surat soal kegiatan new normal. Namun, isi surat tersebut masih terlalu global untuk berbagai olahraga.

Oleh sebab itu, Perbasi selaku induk cabang olahraga (cabor) basket mengeluarkan kebijakan mereka. Dalam protokol tersebut, Perbasi mengaku menggabungkan arahan dari FIBA dan Kemenpora.

Akan tetapi, isi dari protokol tersebut tidaklah kaku, melainkan mengikuti setiap daerah. Hal itu disebabkan kondisi penyebaran virus corona di tiap daerah berbeda.

Baca Juga:

Rizal Falconi Berharap IBL 2020 Lanjut di Jakarta

Penggawa Asing Louvre Surabaya Legowo Tak Bisa Lanjut Main di IBL 2020

"Klub wajib menunjuk satu orang untuk memastikan setiap tim menjalankan protokol kesehatan new normal. Mulai dari berangkat, latihan, sampai kembali ke mess," ujar Sekjen Perbasi, Nirmala Dewi, dalam rapat virtual dengan wartawan.

"Poin yang paling penting adalah daerah berkoordinasi dengan satgas setempat. Koordinasi itu nanti mereka jadi tahu ada di tahap mana dari protokol kami."

"Wajib minitoring suhu tubuh setiap orang. Kalau mau menggelar pertandingan dan sudah diizinkan, ada ketentuan wajib test PCR untuk ofisial dan pemain, tak bisa rapid test," imbuhnya.

Nirmala juga menyebutkan banyak yang kondisinya tidak baik tetapi suhu tubuhnya rendah karena meminum obat. Alhasil, pengecekan harus dilakukan berkala.

Breaking News Basket Perbasi New Normal
Ditulis Oleh

Budi Prasetyo Harsono

Falling in love with the beauty of football because of Alessandro Del Piero and Paolo Maldini. Part time musician, full time journalist.
Posts

5.618

Bagikan