Perbedaan Liga Thailand dan Indonesia di Mata Ryuji Utomo

Budi Prasetyo HarsonoBudi Prasetyo Harsono - Selasa, 13 November 2018
Perbedaan Liga Thailand dan Indonesia di Mata Ryuji Utomo
Ryuji Utomo. (BolaSkor.com/Budi Prasetyo Harsono)

BolaSkor.com - Bek asal Indonesia, Ryuji Utomo, membandingkan Liga Indonesia dengan Liga Thailand. Menurutnya, masing-masing kompetisi memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Seperti diketahui, Ryuji Utomo berkarier di Thailand sepanjang 2018. Ryuji membela klub divisi dua, PTT Rayong, selama periode tersebut.

Ini merupakan kali kedua Ryuji Utomo bermain di luar negeri. Sebelumnya, pria asal Jakarta tersebut sempat membela kesebelasan timur tengah, Al-Najma.

Akan tetapi, PTT Rayong merupakan klub Thailand pertama Ryuji Utomo. Selama satu bermain di sana, tentunya Ryuji memiliki kesan tersendiri terhadap kompetisi di sana.

Ketika ditemui BolaSkor.com beberapa waktu lalu, Ryuji Utomo mengungkapkan sejumlah perbedaan. Menurut Ryuji, Liga Thailand lebih mengandalkan taktik dibandingkan Indonesia.

"Perbedaan pasti ada. Di Thailand sangat mementingkan taktikal. Kemudian di sana melakukan pelanggaran harus hati-hati karena wasit sangat menjaga pemain," ungkap Ryuji Utomo.

"Tapi kalau saya lebih senang dengan suporter Indonesia dibanding Thailand. Menurut saya suporter Indonesia luar biasa dibandingkan dengan Thailand," lanjutnya.

Tidak sekadar bermain, Ryuji Utomo juga membantu PTT Rayong promosi ke Liga Utam Thailand. Bek berusia 23 tahun itu pun mengaku senang dengan keberhasilan tersebut.

"Yang pasti bersyukur terima kasih kepada Allah bisa mencapai target yang diberikan. Memang dari awal sudah diberikan target itu dan ternyata bisa bawa tim saya juara," lanjut Ryuji Utomo.

Saat ini, kontrak Ryuji Utomo dengan PTT Rayong berakhir. Namun, kepastian masa depan mantan bek Persija tersebut masih belum diketahui.

Breaking News Ryuji utomo Liga 1 Liga Thailand Indonesia
Ditulis Oleh

Budi Prasetyo Harsono

Falling in love with the beauty of football because of Alessandro Del Piero and Paolo Maldini. Part time musician, full time journalist.
Posts

5.618

Bagikan