Perdamaian Rusia-Ukraina di Atalanta

Taufik HidayatTaufik Hidayat - Selasa, 01 Maret 2022
Perdamaian Rusia-Ukraina di Atalanta
Ruslan Malinovskyi dan Aleksey Miranchuk (Twitter)

BolaSkor.com - Perdamaian antara Rusia dan Ukraina bukan sesuatu yang mustahil terwujud. Hal itu bahkan sudah terbukti di Atalanta.

Invasi militer pemerintah Rusia ke wilayah Ukraina dalam sepekan terakhir membuat hubungan kedua negara memanas. Negosiasi untuk melakukan gencatan senjata belum berhasil dilakukan.

Pemerintah Rusia seolah tak peduli dengan kecaman dari berbagai penjuru dunia terkait manuver mereka. Padahal korban jiwa sudah banyak berjatuhan.

Baca Juga:

Timnas dan Klub Rusia Resmi Dikucilkan dari Sepak Bola Internasional

Rusia Invasi Ukraina, FIFA dan UEFA Tak Tinggal Diam

7 Aksi Dunia Sepak Bola untuk Hentikan Perang Rusia Vs Ukraina

Berbagai pihak termasuk dari dunia sepak bola tak ketinggalan menyuarakan perdamaian. Lewat berbagai pesan dalam pertandingan, mereka berharap Rusia dan Ukraina segera berdamai.

Atalanta menjadi salah satu klub yang sangat terganggu dengan konflik kedua negara. Itu tak lepas dari keberadaan dua pemain asal Rusia dan Ukraina di skuatnya yaitu Ruslan Malinovskyi dan Aleksey Miranchuk.

Malinovskyi yang berasal dari Ukraina cukup aktif memberikan informasi terkait situasi negaranya lewat media sosial. Ia juga sempat menyatakan pesan perdamaian lewat selebrasi gol pada laga kontra Olympiakos, tengah pekan kemarin.

Ruslan Malinovskyi dan Aleksey Miranchuk

Menariknya, hubungan Malinovskyi dan Miranchuk tak terganggu dengan konflik kedua negara. Masing-masing bahkan saling menguatkan satu sama lain.

“Saya pikir persahabatan dua orang ini adalah cerminan sebenarnya dari status Rusia dan Ukraina. Mereka menjalani momen ini dengan cara yang istimewa dan kita harus menghormati pikiran orang-orang ini dalam pertikaian yang dikawal seluruh dunia," kata CEO Atalanta, Umberto Marino kepada DAZN.

Rusia dan Ukraina seperti satu negara. Persahabatan antara dua orang ini adalah contoh dari apa yang seharusnya terjadi.”

Pengakuan lain diungkapkan pemain Atalanta, Matteo Pessina. Ia menyaksikan langsung betapa terpukulnya Malinovskyi dan Miranchuk karena konflik ini.

“Pada hari ketika kegilaan perang dimulai Rusia melawan Ukraina, mereka berpelukan di Zingonia (pusat pelatihan Atalanta). Kami semua memeluk mereka dan akan terus melakukannya di masa sulit ini, sebagai keluarga besar," tulis Pessina di Instagram.

"Inilah sepak bola yang menyatukan apa yang coba dibagi oleh kegilaan manusia. Hentikan perang di Ukraina!”

Miranchuk Tolak Rayakan Gol

Momen mengharukan lain datang saat Atalanta menjamu Sampdoria dalam lanjutan Serie A 2021-2022, Selasa (1/3) dini hari WIB. Tim asuhan Gian Piero Gasperini menutup laga dengan kemenangan telak 4-0.

Aleksey Miranchuk enggan merayakan gol ke gawang Sampdoria.

Miranchuk yang tampil sebagai pengganti mencetak gol pamungkas Atalanta pada menit ke-86. Namun ia memilih tak merayakannya yang berkaitan dengan konflik Rusia-Ukraina.

Sayangnya Malinovskyi harus absen dalam laga tersebut. Kondisi mentalnya tampak tidak siap untuk bertanding.

Hubungan Malinovskyi dan Miranchuk menjadi bukti perdamaian Rusia dan Ukraina bukan hal yang mustahil. Pemerintah kedua negara harus belajar dari keduanya.

Atalanta Ruslan Malinovskyi Breaking News
Ditulis Oleh

Taufik Hidayat

Agen rahasia yang menyamar jadi kuli tinta.
Posts

6.516

Bagikan