BolaSkor.com - Babak perempat final Liga Champions 2020-2021 menjadi panggung tiga pemain muda Inggris unjuk kemampuan. Hal ini diyakini akan membuat pusing pelatih The Three Lions, Gareth Southgate.

Tiga tim Inggris turut ambil bagian di perempat final Liga Champions. Ketiganya yaitu Liverpool, Chelsea, dan Manchester City.

Liverpool memang gagal melaju ke semifinal karena disingkirkan Real Madrid. Namun Chelsea dan Manchester City masih menjaga asa Inggris untuk meraih trofi juara.

Baca Juga:

Chelsea ke Semifinal, Thomas Tuchel Ungkap Tim yang Ingin Dilawannya

Dortmund 1-2 Manchester City: The Citizens Tak Terbendung ke Semifinal

Liverpool 0-0 Real Madrid: Tidak Ada Comeback di Anfield

Mason Mount

Kesuksesan Chelsea dan Manchester City melewati perempat final tidak lepas dari peran bintang mudanya. Dua nama yang menjadi sorotan adalah Mason Mount dan Phil Foden.

Mount mencetak satu gol indah saat Chelsea mengalahkan Porto dengan skor 2-0 pada leg pertama. Ia melakukan gerakan memutar yang indah sebelum menaklukkan kiper lawan dengan sepakan keras yang akurat.

Gol tersebut punya andil penting dalam kelolosan Chelsea ke semifinal. Berkat hal itu, kekalahan 0-1 The Blues di pertemuan kedua tak berarti apa-apa.

Peran lebih penting dimainkan Foden bersama Manchester City. Ia menjadi penentu kemenangan The Citizens dalam dua pertemuan kontra Borussia Dortmund.

Foden memastikan kemenangan 2-1 Manchester City lewat golnya di penghujung laga pada leg pertama. Hal serupa dilakukannya lagi ketika bertandang ke markas Dortmund di pertemuan kedua.

Satu youngster Inggris lain yang mencuri perhatian adalah Jude Bellingham. Sayang, kegemilangannya gagal membawa Dortmund lolos ke semifinal.

Bellingham mampu meneror pertahanan Manchester City dalam dua pertemuan. Ia bahkan sempat mencetak gol pada leg pertama sebelum dianulir wasit secara kontroversial.

Momen tersebut nyatanya tak membuat mental pemain berusia 17 tahun itu terganggu. Bellingham akhirnya mampu membobol gawang Manchester City secara sah di pertemuan kedua.

Gol tersebut sempat membuka asa Dortmund untuk lolos. Namun Manchester City mampu bangkit dan membalikkan kedudukan.

Namun meski gagal membawa timnya lolos, gol yang dicetak Bellingham meninggalkan kesan yang istimewa. Mantan pemain Birmingham City itu kini resmi menyandang status pencetak gol termuda asal Inggris di Liga Champions.

Southgate pusing

Penampilan mengesankan tersebut tentu memperbesar peluang ketiga pemain itu untuk tampil di Piala Eropa 2020. Southgate tentu tergoda untuk mengandalkan mereka.

Masalahnya, Inggris kini memiliki stok gelandang yang melimpah. Nama-nama seperti Declan Rice, Jesse Lingard, hingga Emile Smith Rowe juga siap menggusur singgasana para gelandang andalan Southgate.

Southgate tidak bisa membawa semuanya ke Piala Eropa karena terbentur dengan regulasi. Maka dari itu ia harus mempertimbangkan secara matang para gelandang yang akan dipilihnya.

Namun tampil mengesankan di Liga Champions harusnya merupakan sebuah nilai tambah bagi Mount, Foden, dan Bellingham. Mentalitas ketiga pemain tersebut setidaknya sudah teruji untuk tampil di pertandingan level atas.