Perempat Final Piala Afrika 2019: Nigeria dan Senegal Amankan Tiket Semifinal

Arief HadiArief Hadi - Kamis, 11 Juli 2019
Perempat Final Piala Afrika 2019: Nigeria dan Senegal Amankan Tiket Semifinal
Senegal vs Benin (@CAF_Online)

BolaSkor.com - Dua negara unggulan juara Piala Afrika 2019, timnas Nigeria dan Senegal, berhasil mengamankan tiket ke semifinal setelah mengalahkan lawannya masing-masing di fase perempat final yang berlangsung Rabu (10/7) malam WIB dan Kamis (11/7) dini hari WIB.

Diawali dari laga pertama antara Senegal kontra Benin di Stadion 30 Juni, Rabu (10/7) malam WIB. Di luar dugaan, Benin, yang melaju ke fase perempat final tanpa sekali pun memenangi laga di waktu normal, mampu merepotkan Sadio Mane dan kawan-kawan.

Benin arahan Michel Dussuyer mengakali kualitas skuat yang inferior dibanding Senegal dengan permainan kolektif. Benin tidak banyak menyerang, lebih banyak bertahan dan mengandalkan serangan balik.

Dalam situasi tersebut, Sadio Mane, penyerang sayap Liverpool, sempat mencetak dua gol ke gawang Benin. Tetapi, dua gol itu dianulir karena Mane dianggap offside setelah wasit melihat VAR (Video Asisten Wasit).

Baca Juga:

Sadio Mane Rela Tukar Trofi Liga Champions dengan Piala Afrika

Piala Afrika 2019: Afrika Selatan Bikin Mohamed Salah Senasib dengan Lionel Messi

Kejutan Madagaskar di Piala Afrika: Juara Grup Tanpa Dominasi

Senegal menang 1-0 atas Benin

Laga perempat final ini menjadi debut bagi VAR di ajang Piala Afrika. Kendati demikian, Senegal tidak menyerah dan pada akhirnya sukses mencetak gol di menit 69. Mane tidak mencetak gol, tapi, dia memberi assist untuk gol Idrissa Gueye di menit 69.

Jelang laga bubar, kekalahan Benin tak terelakkan ketika pemain mereka, Olivier Verdon, diusir wasit setelah melanggar Gueye. Alhasil, Senegal ke semifinal dan menanti pemenang laga antara Madagaskar dengan Tunisia.

Pertandingan lebih ketat terjadi antara Nigeria melawan Afrika Selatan (Afsel) di Stadion Internasional Cairo. Nigeria kalah penguasaan bola 39 persen berbanding 61 persen dari tim yang menyingkirkan Mesir sebelumnya.

Akan tapi, Nigeria menutupinya dengan efektivitas bermain. Dikomandoi oleh Alex Iwobi di lini serang, Nigeria besutan Gernot Rohr mampu unggul cepat via lesakkan striker muda Villarreal, Samuel Chukwueze di menit 27.

Menerima umpan Iwobi, striker berusia 20 tahun mencetak gol pertama untuk negaranya. Gol Chukwueze menjadi satu-satunya gol yang tercipta di babak pertama.

Nigeria menang 2-1 atas Afsel

Pada babak kedua, Bongani Zungu menyamakan kedudukan di menit 71 melalui tandukkan kepala saat menyambar umpan dari tendangan bebas. Awalnya, Zungu dianggap offside, tapi, setelah wasit melihat VAR, golnya disahkan.

Ketika laga sepertinya berakhir imbang 1-1 di waktu normal dan berlanjut ke babak tambahan hingga potensi adu penalti, pemain Udinese, William Troost-Ekong mencetak gol penentu kemenangan Nigeria di menit 89 dan mengubah kedudukan jadi 2-1.

Sedikit dibantu dewi fortuna, Troost-Ekong dengan mudah mencetak gol karena kiper Afsel, Ronwen Williams, salah mengantisipasi bola umpan silang Moses Simon dan bola mendarat di kaki Troost-Ekong. Nigeria ke semifinal dan akan menanti pemenang laga Pantai Gading kontra Aljazair.

Breaking News Piala Afrika Piala Afrika 2019 Senegal Nigeria
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.138

Bagikan